Tips Agar Rem Motor Lebih Pakem, Dijamin Enggak Nguras Kocek!

Gambar oleh Hebi B. dari Pixabay
Gambar oleh Hebi B. dari Pixabay

Autogear.id - Ketika berkendara motor, perangkat rem menjadi salah satu komponen vital yang harus diyakinkan dapat bekerja optimal. Biasanya, seiring usia dan jam terbang motor, kemampuan kerja sistem pengereman sudah memudar kualitasnya. Sering dibilang rem motor sudah kurang pakem, atau tidak bisa bekerja optimal.

Tetapi ternyata komponen rem dapat diupgrade atau ditingkatkan kualitasnya, kendati motor sudah masuk kategori lawas atau uzur. Salah satu upgrade penting yang bikin motor kita lebih safety dan tidak menguras isi kocek terlalu dalam adalah dengan meng-upgrade selang rem. Lho kok bisa?

Ya, selang rem di upgrade menggunakan rem braided atau anyaman baja. Hal ini akan membuat tekanan ke kaliper menjadi lebih mumpuni. Karena selang bawaan pada umumnya menggunakan bahan karet, dan ada kecenderungan melar. Sehingga tekanan minyak rem ke kaliper kurang optimal.

Apalagi kalau kondisi motor sudah berumur, karetnya sudah pada getas. Berisiko minyak rem bisa bocor, dan itu sangatlah berbahaya. Dan sebenarnya selang rem itu ada usianya. Maksimal 3 sampai 4 tahun sekali selang rem harus diganti.

Kemudian sangat tidak disarankan membeli dan mengganti selang rem motor menggunakan selang rem variasi. Apalagi dengan selang rem variasi murahan, harga jauh di bawah standar. Jangan sampai tahu-tahu membuat rem blong, ketika motor sedang dikendarai. Lebih ngeri lagi ketika sedang melaju dengan kecepatan tinggi, duh seram banget membayangkannya. Oleh karena itu beli yang mereknya pasti-pasti saja.

Nah, berarti kalau mau komponen pengereman motor bekerja lebih optimal, coba ditengok dulu selang remnya. Upgrade selang rem dengan menggunakan bahan yang lebih menjanjikan. Apabila sudah ada budgetnya, bolehlah mencoba mengganti kalipernya. Supaya berkendara motor menjadi aman dan nyaman, tanpa halangan.


(acf)