Kenapa Baut-baut Motor Baru Dikasih Tanda Titik Warna?  Ini Jawabannya!

Tanda titik warna pada baut sepeda motor baru ternyata memiliki arti tersendiri (Foto: IG)
Tanda titik warna pada baut sepeda motor baru ternyata memiliki arti tersendiri (Foto: IG)

Autogear.id - Pernahkah kalian sadar ketika membeli sepeda motor baru, baut-baut yang terdapat pada motor memiliki tanda titik dengan warna berbeda. Lantas apa alasannya baut-baut ini diberi titik warna?

Silahkan dicek motor baru seperti yang baru keluar dari dealer. Periksa pada baut-bautnya, apakah ada tanda berupa titik cat atau tidak. Barangkali banyak yang menganggap hal itu biasa saja, atau tidak ada maksud dan tujuannya sama sekali.

Namun ternyata tanda-tanda di baut tersebut sangatlah penting. Paling tidak ketika motor tersebut dalam proses produksi. Seperti diungkapkan oleh Endro Sutarno selaku Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM).

Endro mengatakan, bahwasanya titik berwarna itu berfungsi sebagai tanda, kalau ukuran kekencangan baut sudah sesuai standar.

"Karena setiap baut pada motor memiliki ukuran kekencangan yang berbeda-beda," kata Endro seperti dilansir salah satu media online otomotif belum lama ini.

Lebih lanjut dijelaskan Endro, penandaan pada baut-baut itu juga bertujuan untuk menjaga baut terhindar dari selek, dan supaya kekencangannya merata.

Oleh sebab itu, ketika petugas di proses produksi melakukan pengencangan dengan menggunakan kunci torsi, mereka akan lebih mudah untuk mendeteksi baut-baut mana saja yang belum dikencangkan.

"Penandaan pada baut-baut di motor baru itu menggunakan alat yang disebut pen marker, supaya tidak ada yang terlewat untuk kekencangan bautnya," jelas Endro lagi.

Endro lantas kembali mengungkapkan, titik-titik berwarna menggunakan pen marker tersebut sifatnya tidak permanen. Artinya seiring berjalannya waktu, tanda-tanda pada baut tersebut akan hilang dengan sendirinya.

"Coretan itu tidak permanen, dan hanya sebagai tanda bahwa petugas sudah melakukan pengecekan supaya tidak ada yang terlewat," pungkasnya.

Selain pada baut-baut di motor baru, biasanya pen marker juga terdapat di beberapa bagian bodi motor-motor baru, dengan fungsi dan tujuan yang sama.


(acf)