Serba-Serbi Formula 1

Mungkinkah Vettel Kembali ke Red Bull?

Sebastian Vettel resmi berpisah dengan Ferrari. planet f1
Sebastian Vettel resmi berpisah dengan Ferrari. planet f1

Autogear.id: Sebastian Vettel dipastikan bakal meninggalkan Ferrari di musim 2021 mendatang. Usai pengumuman berakhirnya kontrak Vettel, mulai muncul beragam desas-desus perihal kemana Vettel berlabuh tahun depan. 

Salah satu pembahasan di sosial media adalah kemungkinan Vettel kembali pulang ke Red Bull, tim yang selama ini membesarkan nama Vettel di F1. 

Namun demikian, bos Red Bull, Christian Horner mengatakan bahwa hal itu adalah sesuatu yang tidak mungkin. Pasalnya, saat ini Red Bull sudah memiliki program jangka panjang dengan dua pembalap muda mereka antara lain Max Verstappen dan Alex Albon. 

"Ini sangat tidak mungkin," tegas Horner ketika menjawab pertanyaan soal kemungkinan Vettel balik ke Red Bull dikutip dari Sky Sports, Kamis (14/5/2020). 

Red Bull menghindari 'Dua Alfa'

Selain itu, menurut Horner Red Bull tidak pernah mengandalkan formasi dua pembalap yang diutamakan yang ia sebut dengan 'dua Alfa'.

"Kami memiliki perjanjian jangka panjang dengan Max Verstappen, dan saya pikir Alex Albon juga melakukan pekerjaan dengan baik. Kami memiliki dinamika yang baik di dalam tim dan pengalaman menunjukkan bahwa 'dua alfa' cenderung tidak berjalan dengan baik," lanjut Horner. 

Bagaimanapun juga, Horner tetap menganggap Vettel merupakan salah satu pembalap terkuat yang ada di F1 saat ini. Sehingga jika Red Bull memaksa untuk menduetkannya dengan Verstappen maka justru memberi efek buruk di internal tim. 

"Sebastian masih merupakan pembalap yang sangat kompetitif, jadi saya pikir tidak kondusif bagi tim kami untuk memiliki dua alfa. Kami senang dengan jajaran pembalap yang kami miliki," tegas Horner.

Sementara itu, Vettel sendiri saat ini belum mengambil keputusan soal nasibnya tahun depan. Beberapa laporan mengatakan bahwa dua tim yang paling menginginkan Vettel saat ini adalah Renault dan McLaren.


(uda)