4 Cara Mudah Merawat Kulit Jok Motor

Tips merawat jok motor (Foto: Instagram)
Tips merawat jok motor (Foto: Instagram)

Autogear.id - Buat pengguna motor, merawat tunggangan adalah hal yang wajib. Banyak komponen motor yang perlu diperhatikan perawatannya. Bahkan tak terkecuali kulit jok motor.

Jadi merawat motor bukan hanya mesin dan bodinya saja, tempat duduk atau jok motornya juga harus dirawat optimal. Pastinya kalau seluruh bagian motor, mulai dari mesin, bodi, kaki-kaki hingga joknya terawat, pemilik senang dan berkendara pun nyaman. Alhasil, bakal mengundang lirikan.

Nah, berikut Autogear.id merangkum 4 cara mudah untuk merawat jok motor:

1. Jangan kepanasan

Yup, kalau motor sering kepanasan, terpapar sinar matahari langsung. Apalagi sinar mataharinya lagi diskon, terik banget! Duh, dijamin kulit jok motor bakal rusak. Akan membuat kulit jok motor menjadi lebih cepat pudar dan warnanya berubah menjadi lebih kusam. Maka ketika memarkir motor, jangan sering kepanasan. Upayakan mencari lokasi parkir yang teduh.

2. Rutin cuci jok motor

Motor dan joknya harus sering-sering dicuci. Sudah pasti dengan rutin mencuci motor beserta joknya, akan membuat kulit jok semakin terawat. Disarankan menggunakan bahan pembersih atau shampo khusus, supaya jok motor bisa lebih kinclong.

3. Gunakan lotion

Tuh, benarkan? Bukan hanya kulit wajah dan tubuh, kulit jok motor juga disarankan menggunakan lotion motor, sebagai salah satu langkah perawatan mudah lainnya. Mengapa harus dikasih lotion? Karena pada dasarnya kulit sintetis juga butuh kelembaban, supaya material polyurethan di dalam kulit jok tidak kering.

4. Atur muatan di atas jok

Poin terakhir adalah memastikan kalau muatan yang dibawa di atas jok motor bukan yang aneh-aneh ya sob. Jika memang terpaksa harus mengangkut benda-benda yang memiliki tekstur kasar atau tajam, maka ada baiknya jok motor dilapisi dulu dengan plastik, kain atau kardus yang sedikit tebal, agar kulit jok motor tetap aman.


(acf)