Cerita di Balik Motor Custom yang Dikendarai Jokowi di Sirkuit Mandalika

Aksi Jokowi saat menggeber motor custom miliknya di Sirkuit Mandalika (Foto: Istana Kepresidenan/Agus Suparto)
Aksi Jokowi saat menggeber motor custom miliknya di Sirkuit Mandalika (Foto: Istana Kepresidenan/Agus Suparto)

Autogear.id - Ternyata ucapan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) yang mengatakan akan menjajal Sirkuit Mandalika jelang perhelatan seri pamungkas kejuaraan dunia WSBK 2021 terbukti.

Jokowi menjajal aspal lintasan Sirkuit Mandalika, Jumat (12/11) dengan mengendarai motor custom, yang didesain berkonsep motor balap berwarna hijau. Dia pun mengenakan perlengkapan berkendara seperti jaket dan helm. 

Usai menjajal Sirkuit Mandalika, Jokowi bercerita singkat tentang pengalamannya ketika melintas di trek sirkuit sepanjang 4,3 kilometer tersebut. 

Melalui unggahan pada akun Twitter pribadinya, Jokowi tampak terkejut dengan tikungan-tikungan tajam di Sirkuit Mandalika. 

"Sirkuit Mandalika sempat diguyur hujan hari ini, saya tetap turun dan menjajalnya dengan sepeda motor saya", tulis Jokowi saat mengawali cerita di akun Twitter nya hari itu (12/11).

"Rupanya begini yang disebut sirkuit balapan itu. Tikungan-tikungannya tajam sekali. Ada 17 tikungan. Kalau untuk pebalap mungkin enggak ada masalah, tapi saya?" cerita Jokowi. 

Setelah menceritakan pengalamannya, Jokowi menyatakan kalau Sirkuit Mandalika siap menggelar event-event balap kelas dunia. 

Seperti dalam waktu dekat, Sirkuit Mandalika akan menjadi venue penyelenggaraan WSBK 19-21 November 2021, dan MotoGP Maret 2022. 

"Ajang-ajang balap kelas dunia kini siap digelar di Sirkuit Mandalika, yang hari ini saya resmikan di Lombok Tengah, NTB. Sirkuit sepanjang 4,3 km ini berlapiskan teknologi aspal terbaru. Sebentar lagi, di sirkuit ini digelar World Superbike 2021 dan MotoGP pada Maret 2022", demikian pernyataan Jokowi setelah meresmikan Sirkuit Mandalika. 

Cerita di balik Motor Custom yang Dikendarai Jokowi di Sirkuit Mandalika

Perlu diketahui, motor yang dipakai Jokowi saat menjajal Sirkuit Mandalika adalah jenis Kawasaki W175

Motor custom dengan bodi dominan warna hijau, dan sedikit variasi warna kuning tersebut garapan bengkel Katros Garage, milik modifikator Andi Akbar yang akrab disapa Atenx Katros

Sebelumnya motor tersebut pernah digunakan Jokowi, melibas jalan perbatasan trans-Kalimantan, di Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara, Kamis 19 Desember 2019.

"Sebuah momen spesial terekam dalam peresmian sirkuit pertama di Lombok ini, yakni Bapak @jokowi yang menjajal langsung sirkuit menggunakan motor beraliran #chopperracer garapan Keluarga Besar Katros Garage," tulis Katrosgarage di akun Instagramnya (12/11). 

Menurut Atenx, motor yang dipakai Jokowi bukan motor baru, tetapi sudah dibeli sejak beberapa tahun lalu. 

Hanya saja sebelum dikirim ke Lombok, Jokowi mengirimkannya lagi ke bengkel Katros Garage untuk re-custom pada bodi dan warna mengejar tampilan cafe racer. "Di-recustom, jadi beda sama 2 tahun lalu," aku Atenx.

Demi tampilan motor balap klasik, Atenx menambahkan ciri khas  motor balap klasik pada lampu depan dan fairingnya. Bagian lampu depan bulat dibungkus fairing balap klasik, bertuliskan RI1.

Jok single seater ala cafe racer ikut nempel diikuti konsep buntut tawon. Karena untuk balap, model buntut mengikuti garis joknya. Bagi Katros Garage, merupakan momen sangat istimewa. Selain ikut bangga dengan sirkuit berkelas Internasional baru, Pertamina Mandalika International Street Circuit, NTB. 

"Bangga juga, karena Jokowi dan putranya Gibran Rakabuming beberapa kali mempercayakan motornya di bengkel yang berlokasi di wilayah Pondok Aren, Tangsel ini. "Maju terus industri otomotif Indonesia…. Siapa kita, Indonesia!" seru Atenx dalam instagramnya.


(acf)