Mobil Listrik Nissan Leaf Resmi Hadir di Indonesia, Sekali Isi Baterai Bisa Tempuh 300Km

The all new Nissan Leaf two tone (Foto: Nissan Motor Distributor Indonesia)
The all new Nissan Leaf two tone (Foto: Nissan Motor Distributor Indonesia)

Autogear.id - Tanpa membiarkan konsumen berlama-lama menunggu, Nissan secara resmi meluncurkan All New Nissan Leaf, Rabu (18/8), setelah awal Agustus lalu membuka pre-booking di Tanah Air.

“Peluncuran The All-New Nissan Leaf ini menunjukkan komitmen Nissan untuk membawa mobilitas elektrifikasi semakin dekat bagi masyarakat Indonesia,” ucap Evensius Go, Presiden Direktur PT Nissan Motor Distributor Indonesia.

Dikatakannya lagi, lebih dari 500.000 konsumen di seluruh dunia telah beralih ke Nissan Leaf, membawa Nissan lebih dekat ke masyarakat yang lebih berkelanjutan, lebih aman dan ramah lingkungan. 

“Kami percaya bahwa The All-New Nissan Leaf akan mengubah cara konsumen mobil di Indonesia berkendara dan menikmati kehidupannya,” ujar Evensius saat peluncuran virtual Nissan Leaf terbaru. 

Mobil anyar ini merupakan model kendaraan listrik yang 100 persen menggunakan baterai. Yakni lithium-ion 40 kWh, yang memungkinkannya menempuh jarak sejauh 311 km dalam sekali pengisian daya (charging), berdasarkan hasil test New European Driving Cycle (NEDC). 

Hal tersebut setara dengan penggunaan rata-rata harian 40 km selama satu minggu, hanya dengan satu kali pengisian penuh. Dan pengisian daya listrik All-New Nissan Leaf dapat dilakukan dengan mudah dan nyaman di rumah.

Pemilik dapat mengisi daya, dengan pengisi daya Portable kapasitas 3.3 Kw, yang memungkinkan baterai dapat terisi penuh dalam waktu 12 hingga 15 jam. Atau menggunakan pengisi daya Home Charger AC 7.4 kw, yang dapat mengisi penuh baterai dalam waktu 5 hingga 7 jam. 

Bagus Susanto, Direktur Pemasaran PT Nissan Motor Distributor Indonesia juga mengatakan, jika pemilik tidak sempat mengisi ulang daya baterai di rumah, maka bisa melakukannya di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Atau di dealer terdekat yang menyediakan charging station. Dengan lama pengisian daya hanya butuh waktu 40 - 60 menit.

“Malah kami juga sudah melakukan kerjasama dengan PLN. Nantinya pemilik Nissan Leaf yang mengisi daya di rumah mulai dari pukul 10 malam sampai pukul 5 pagi, akan mendapat diskon 30 persen pembayaran listrik,” ucap Bagus.

New Nissan Leaf suguhkan limpahan tenaga maksimum hingga 110 kW atau setara 150 PS. Serta torsi maksimum 320 Nm atau setara mobil bensin 3.2 L. Hal ini membuatnya dapat berakselerasi 0 – 100 km/jam dalam 7,9 detik, dengan kecepatan maksimal 155 km/jam.

Hadir dalam 11 warna pilihan baik untuk opsi one tone maupun dual tone. Kendaraan yang diklaim zero emisi dan zero fataliti ini, ditawarkan dengan harga on the road (OTR) Jakarta Rp 649 juta untuk opsi one tone, dan Rp 651 juta untuk opsi dual tone.

Konsumen mobil listrik model terbaru ini juga akan dimanjakan 3 tahun atau 100 ribu km garansi kendaraan. Kemudian 8 tahun atau 160 ribu km garansi baterai, serta bebas biaya perawatan selama 5 tahun atau 70 ribu km.


(acf)