Tips Mengendarai Motor Sekelas New CB150X Bagi Pemula

Tips mengendarai motor dengan cc besar (Foto: PT DAM)
Tips mengendarai motor dengan cc besar (Foto: PT DAM)

Autogear.id - Motor sport adventure touring Honda New CB150X telah diperkenalkan. Tampilan motor ini jelas berbeda dengan motor matik, bebek maupun sport naked atau sport berfairing.

Buat mereka yang terbiasa mengendari motor matik, bebek ataupun sport, tentunya akan beradaptasi kembali bila ingin mengendarai motor sport adventure touring sejenis Honda New CB150X.

Lantas apa yang harus diperhatikan, bagi pemula yang ingin beralih mengendarai motor semacam New CB150X?

Denny Budiman, General Manager Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM) dalam kesempatan virtual Regional Public Launching (RPL) Honda New CB150X wilayah Jawa Barat (Jabar) Kamis (23/12/2021) memberikan beberapa tips.

Menurutnya, yang harus diperhatikan para pemula yang akan mencoba mengendarai motor sport adventure touring semacam New CB150X antara lain adalah dimensinya.

“Dimensi dari motor semacam New CB150X ini terutama yang harus diperhatikan bagi pemula. Karena motor ini cenderung lebih panjang dan tinggi. Postur tubuh pengendara lumayan mempengaruhi”, ucap Denbud, sapaan akrabnya, dalam sesi jumpa pers virtual, Kamis (23/12).

Pemilik tinggi badan minimal 170cm bisa dibilang takkan memiliki kendala berarti, untuk mengendarai motor sejenis ini. Akan tetapi lain halnya dengan pemilik tinggi badan di bawah 170 cm. Sedikit banyak harus adaptasi, atau penyesuaian lebih dulu.

Begitupula untuk tenaga dari motor semacam ini. Untuk New CB150X, meskipun berbekal basis mesin yang sama dengan Honda CBR150R, namun New CB150X kini diseting sebagai motor untuk sport adventure touring.

“Jadi riding positionnya berbeda, torsi dan rpm juga menyesuaikan lebih besar. Dengan demikian, pengendara yang biasanya berkendara motor dengan torsi dan rpm di bawah New CB150X harus mulai membiasakan diri”, terang Denbud.

Kemudian bicara kapasitas, ada kapasitas maksimal yang juga harus diperhatikan ketika mengendarai Honda New CB150X. Menurut Denbud, kapasitas motor ini dari sisi pengendara maksimal kurang lebih 120 kg.

Ia menambahkan, apabila pengendara mau ada tambahan, seperti boks samping kanan-kiri atau belakang atau bahkan ketiganya, maka harus disesuaikan lagi dengan konstruksi motor ini.

“Ada penyesuaian tambahan kekuatan pada rangkanya”, ucap Deni yang juga menjelaskan lewat uji touring yang dilakukan PT DAM, motor ini mampu menembus jarak sekitar 450 km, dengan kapasitas tangki 12 liter.

Dalam kesempatan yang sama, mengenai harga New CB150X di wilayah Jabar, Handi selaku General Manager Motorcycle Sales, Marketing, & Logistic PT DAM mengatakan, untuk tipe standarnya dibanderol harga Rp32,9 juta on the road (OTR). Sementara tipe Special Edition (SE) dipatok harga Rp33,4 juta OTR Jabar. 

“Kami targetkan motor sport adventure touring ini terjual 250 unit per bulan. Tapi kami optimistis bisa lebih dari itu. Mengingat sekarang sudah ada yang inden 50 konsumen, dan sekitar 200 konsumen lagi masih menunggu ingin melihat langsung unitnya”, tutur Handi.


(acf)