Serba-Serbi MotoGP

Lembaga Anti Doping Ingin Sanksi Iannone Diperpanjang 4 Tahun

Andrea Iannone diganjar sanksi larangan balapan karena kasus doping. gpone
Andrea Iannone diganjar sanksi larangan balapan karena kasus doping. gpone

Autogear.id: World Anti Doping Agency (WADA) juga mengajukan banding atas sanksi 18 bulan larangan tampil yang dijatuhkan kepada pembalap Aprilia, Andrea Iannone. Namun banding WADA bukan malah meringankan hukuman, namun justru mengajukan sanksinya diperpanjang menjadi empat tahun. 

Kabar ini jelas menjadi mimpi buruk bagi Iannone, karena sebelumnya pihak Iannone dan Aprilia menganggap sanksi larangan 18 bulan adalah hukuman terberat. Tapi siapa yang menyangkan lembaga Anti Doping Dunia justru memberi perhatian lebih terhadap kasus ini dan malah memberatkan kubu Iannone.

Seperti yang pernah diberitakan, sanksi larangan 18 bulan tampil merupakan hasil dari putusan Pengadilan Disiplin FIM tanggal 31 Maret 2020 lalu. Iannone diberikan larangan 18 bulan mulai dari 17 Desember 2019 dan berakhir hingga 16 Juni 2021.

Pihak Aprilia sendiri juga mengajukan banding karena berasalan zat doping di tubuh Iannone berasal dari makanan yang terkontaminasi. Karena itu, Aprilia menganggap hukuman tersebut terlalu berlebihan. 

Akan tetapi dengan banding WADA yang bertolak belakang dengan harapan Aprilia, maka ini berpotensi mengakhiri karir Iannone yang saat ini sudah berusia 30 tahun. 


(uda)