Honda Kembali Gelar Lomba Balap Simulator Virtual, Hadiahnya Rp100 Juta!

Honda gelar lomba balap simulator memperebutkan hadiah total Rp100 juta (Foto: HPM)
Honda gelar lomba balap simulator memperebutkan hadiah total Rp100 juta (Foto: HPM)

Autogear.id - Berbekal kesuksesan tahun lalu, Honda Racing Simulator Championship (HRSC) musim kedua kembali digelar tahun ini. Mulai berlangsung pada 21 Agustus mendatang. 

Pada ajang HRSC musim ini, PT Honda Prospect Motor (HPM) menampilkan untuk pertama kalinya Honda Brio RS Urbanite. Sebagai salah satu mobil yang bisa digunakan di ajang balap virtual tersebut.

Memang sebelum tampil di lintasan balap virtual, Honda Brio telah banyak turun ke trek balap sungguhan, dan telah menjadi pilihan para pembalap di berbagai kejuaraan nasional.

Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT HPM mengatakan, penyelenggaraan HRSC tahun lalu mendapat antusiasme tinggi para Simulator (Sim) Racer, baik amatir maupun profesional. 

“Pada musim kedua ini, HRSC kembali merancang lomba yang semakin menantang. Sekaligus tetap memberi kesempatan lebih banyak orang untuk berpartisipasi dan menjadi juara,” ujar Billy dalam media gathering virtual HRSC 2, Senin (9/8).

Ia menambahkan, pihaknya pun bangga, karena Honda Brio menjadi bagian dari ajang balap virtual tahun ini. “Kami harap kompetisi ini dapat menjadi wadah para Sim Racer Indonesia, untuk terus mengasah bakat serta menunjukkan prestasi,” terangnya.

HRSC merupakan sebuah kejuaraan simulator balap online, yang pertama kali digelar oleh sebuah pabrikan otomotif di Indonesia, dan dimulai pada 2020 lalu. 

Sama seperti tahun lalu, pada HRSC 2, para peserta akan menggunakan program simulator balap dengan Rfactor 2. 
Program tersebut merupakan salah satu simulator balap dengan grafis dan sensasi berkendara virtual, yang paling mendekati balap di dunia nyata.

Kejuaraan HRSC 2 mengusung konsep balap ‘Everyone Can Race and Everyone Can Win’. Dimana setiap peserta akan berlomba kumpulkan poin di sepanjang 6 seri, yang digelar di sirkuit virtual. Yaitu Sirkuit Baku, Sepang, Adelaide, Road Atlanta, Interlagos, dan Suzuka. 

Gelaran balap online ini terbuka untuk umum, pendaftaran serta babak kualifikasi dibuka sejak 27 Juli - 17 Agustus 2021. Sedangkan kompetisi akan berjalan mulai 21 Agustus - 30 Oktober 2021. Dan setiap serinya bisa dilihat langsung melalui Youtube @Hondaisme.
Sebanyak 105 peserta yang lolos tahap kualifikasi awal, akan masuk ke dalam salah satu dari tiga kategori yang tersedia. 

Untuk kelas Master, 35 peserta akan menggunakan model mobil New Honda Civic Type R. Sedangkan kelas Rising Star dan Rookie, akan menggunakan model Honda Brio RS Urbanite, yang masing-masing terdiri dari 35 peserta.

Total hadiah yang diperebutkan mencapai Rp 100 juta. Para peserta masing-masing akan mendapat hadiah berdasarkan pengumpulan poin. Sehingga peserta harus berusaha kumpulkan poin sebanyak-banyaknya, yang akan diakumulasi pada seri terakhir. 

Pada kelas Master, peserta akan mendapat Rp 65 ribu per poin, kelas Rising Star Rp 20 ribu per poin, dan kelas Rookie Rp 10 ribu per poin.

Tiga peserta pengumpul poin terbanyak pada masing-masing kelas akan mendapat hadiah tambahan di luar dari hadiah perolehan poin. Kelas Master, juara pertama mendapat tambahan hadiah Rp 5 juta, juara kedua Rp 3 juta dan juara ketiga Rp 2 juta.

Sementara kelas Rising Star, juara pertama mendapat tambahan hadiah Rp 3 juta, juara kedua Rp 2 juta, dan juara ketiga Rp 1 juta. Kelas Rookie, juara pertama mendapat tambahan Rp 2 juta, juara kedua 1.5 juta, dan juara ketiga Rp 700 ribu.

Setiap peserta yang berminat mengikuti HRSC 2 dapat mengunduh game ‘Rfactor 2’ melalui situs https://store.steampowered.com/.
Setelah itu, peserta dapat mengisi form pendaftaran di https://linktr.ee/hrsc2, dan wajib memenuhi beberapa syarat. Antara lain memiliki alat simulator, game ‘Rfactor 2’ dan mempunyai akun di situs Steam. 

Dalam pelaksanaan HRSC 2, Honda kembali bekerjasama dengan HM Engineering, sebagai penyelenggara yang telah banyak berpengalaman menggelar kejuaraan balap kelas dunia.

Tak sendirian, ajang HRSC tahun ini HPM juga didukung PT Lintec Jakarta (Wincos Indonesia), PT Nippon Oil Indonesia (Eneos Indonesia), dan Mitra Integrasi Informatika.

Berikut ini jadwal lengkap HRSC 2:
Seri 1: 21 Agustus 2021 : Baku, Azerbaijan
Seri 2: 4 September 2021 : Sepang, Malaysia
Seri 3: 18 September 2021 : Adelaide, Australia
Seri 4: 2 Oktober 2021 : Road Atlanta, Amerika Serikat
Seri 5: 16 Oktober 2021 : Interlagos, Brazil
Seri 6: 30 Oktober 2021 : Suzuka, Jepang

(acf)