Balap Motor

Blak-Blakan Ahmad Jayadi saat Putuskan 'Gantung Helm'

Ahmad Jayadi, mantan rider Indonesia yang pernah bersaing dengan Valentino Rossi. medcom
Ahmad Jayadi, mantan rider Indonesia yang pernah bersaing dengan Valentino Rossi. medcom

Autogear.id: Nama Ahmad Jayadi saat ini memang lebih dikenal sebagai manajer tim balap motor yang cukup eksis di berbagai kejuaraan road race level nasional. Sebelum beralih menjadi manajer balap, Ahmad Jayadi tadinya merupakan salah satu rider yang memiliki karir cemerlang di belantika balapan nasional hingga internasional. 

Salah satu momen paling berkesan bagi Ahmad Jayadi adalah pada tahun 1996 dan 1997 saat ia mewakili Indonesia di ajang balap dunia yang bernama Marlboro Indonesian GP di kelas 125 cc sebagai pembalap 'wild card' dan bersaing di Sirkuit Sentul bersama Valentino Rossi. 

Ahmad Jayadi begitu mentereng di era 1990 hingga 2000-an. Ia bahkan sempat memperkuat tiga tim pabrikan berbeda seperti Honda, Yamaha, serta Suzuki. Tak hanya itu, pria yang saat ini sibuk dengan bisnis bengkel juga pernah mengecap juara di setiap kelas yang dilombakan. 

"Kalau untuk kejuaraan nasional saya sudah pernah juara di semua kelas. Dari kelas 110cc, 125cc, 250cc hingga 600cc dan pernah gabung di tiga APM berbeda (Honda, Yamaha, Suzuki). Pengalamannya juga berbeda-beda," kata Ahmad Jayadi saat jadi narasumber di program Sambut Iftar ala Medcom (SIAM), Sabtu (25/4/2020) kemarin. 

Dalam sesi diskusi SIAM, Ahmad Jayadi juga menceritakan asal muasal kenapa dirinya memutuskan pensiun dari balapan alias gantung helm pada tahun 2011 silam. 

"Saya terakhir balapan itu tahun 2011. Gantung helm juga bukan karena niat saya. Waktu itu seri terakhir kejurnas 600 cc, saya lagi fight sama M Fadli di last lap, mungkin karena terlalu enjoy jadi hilang konsentrasi sesaat dan tiba-tiba crash," terangnya. 

Insiden tersebut menjadi awal penutup karir Ahmad Jayadi. Ia mengaku cidera tangan yang dialami membuatnya tidak mampu lagi melibas sirkuit. 

"Tangan saya cidera. Udah coba kembali balapan tapi tangan saya selalu merasakan sakit. Kalau tangan masih kuat sampai sekarang masih balapan mungkin," bebernya. 

Tak hanya bercerita soal karir balap, dalam diskusi di program SIAM Ahmad Jayadi juga berbagi tips menjaga kebugaran serta memilih asupan bergizi agar tetap fit selama berpuasa. 

Program SIAM berlangsung setiap hari selama Bulan Ramadan mulai pukul 15.00-16.00 WIB di channel YouTube, Facebook Live, dan portal berita Medcom.id. Setiap harinya SIAM akan menghadirkan berbagai topik yang berbeda mulai dari agama, ekonomi, gaya hidup, otomotif, dan banyak hal menarik lainnya yang membuat aktifitas puasa kalian tetap seru selama diam di rumah. 


(uda)