Mobil Baru

Quester Euro5 Melenggang Sambut Euro4 Berbekal Teknologi SCR

UD Trucks kenalkan Quester Euro5 di momentum penerapan regulasi Euro4 di Indonesia. UD Trucks
UD Trucks kenalkan Quester Euro5 di momentum penerapan regulasi Euro4 di Indonesia. UD Trucks

Autogear.id – Semua pemain di sektor kendaraan niaga bersiap sambut kebijakan standar emisi Euro4, dengan produk-produk yang mengusung teknologi sesuai penerapan standar emisi tersebut. Salah satunya adalah mesin berteknologi Common Rail.

PT UD Astra Motor Indonesia (UD AMI) tak ketinggalan. Turut meluncurkan line up terbaru UD Trucks Quester Euro5, melalui virtual launching, Kamis (24/3/2022).

UD Trucks Quester Euro5, dikatakan mengantongi teknologi pengendalian emisi, yaitu Selective Catalytic Reduction (SCR). Teknologi ini dianggap mampu melindungi mesin supaya tetap awet, lebih hemat bahan bakar, aman dan ramah lingkungan.

Seperti diutarakan Direktur Marketing dan Aftersales Service UD AMI, Aloysius Chrisnoadhi, saat ini dunia otomotif, khususnya di Indonesia, sedang mengalami perubahan siginifikan. Dengan dikeluarkannya peraturan emisi gas buang Euro4 yang akan diimplementasikan pada April 2022 mendatang.

Baca Juga:
Hadapi Mata Elang, Ini yang Harus Diperhatikan Pengendara

“Dalam mendukung program standar emisi gas buang Euro 4 tersebut, kami memperkenalkan slogan terbaru, ‘Better Life for Logistic, Planet and People’. Bertekad menghadirkan teknologi yang efisien untuk bisnis transportasi, ramah lingkungan, dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat dalam menuju Indonesia Hijau,” urai Chrisnoadhi.

Diketahui, belakangan ini produsen kendaraan terus berupaya untuk mengurangi kadar NOx sesuai peraturan pemerintah yang berlaku, melalui beberapa cara. Selain kendaraan bertenaga listrik, ada dua cara lain yang bisa diaplikasikan untuk menurunkan NOx.

Pertama menurunkan NOx gas buang yang keluar dari mesin, dengan menyemprotkan cairan urea (AdBlue). AdBlue ini disemprotkan ke gas buang pada sebuah sistem yang terpisah dari mesin utamanya, sebelum dibuang ke atmosfer. Metode ini dikenal dengan sistem SCR.

Lalu cara yang kedua adalah dengan memasukkan kembali gas buang ke dalam mesin, agar temperatur ruang bakar menyusut, yang selanjutnya akan menurunkan kadar NOx. Sistem ini dikenal dengan istilah Exhaust Gas Recirculation (EGR).


(uda)