Industri Otomotif

Sampah Ditukar Pelumas Kendaraan, Begini Caranya

Program Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina Lubricants “Tukar Oli Dengan Sampah”
Program Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina Lubricants “Tukar Oli Dengan Sampah”

Autogear.id: Pertamina Lubricants melalui salah satu pabriknya Production Unit Gresik (PUJ) meluncurkan Program Corporate Social Responsibility (CSR) di bidang lingkungan yakni “Tukar Oli Dengan Sampah” di Kedai Kopi Sampah, Kelurahan Sidokumpul, Kecamatan Gresik pada Kamis (27/8/2020) lalu.

Lewat program ini, Pertamina Lubricants ingin mengajak masyarakat untuk menukar sampah kering baik dari kardus bekas, kertas bekas, kaleng kosong, dan botol plastik dengan berat tertentu menjadi poin yang nantinya dapat ditukar dengan Pelumas Pertamina. 

“Kami terus berkomitmen menjaga lingkungan dimana kami beroperasi termasuk pengendalian sampah. Kami berharap dengan adanya program Tukar Oli dengan Sampah ini, masyarakat bisa lebih termotivasi untuk menjaga dan mencintai lingkungan dengan membantu mengendalikan sampah disekitar mereka,” kata SpV HSSE Production Unit Gresik PT Pertamina Lubricants, Ifan Sri Widodo. 

Untuk 1 kg sampah kering akan dikonversi menjadi 1 poin. Poin terendah yang dapat ditukar yakni 15 poin untuk 1 oli Enduro Gear. Sedangkan masyarakat harus mengumpulkan 34 poin untuk penukaran dengan Enduro Matic G 0.8 L, 40 poin untuk Enduro Matic 0.8 L, 37 poin untuk Enduro 4T 0.8L dan 49 poin untuk Enduro Racing dan 71 poin untuk Pelumas mobil yakni Fastron Techno 1L. 

Ketua Karang Taruna RW 07 Kelurahan Sidokumpul, Imam Wahyu menambahkan masyarakat tidak perlu membawa banyak sampah sekaligus, karena pengumpulan poin akan berbasis digital melalui aplikasi di Kedai Kopi Sampah sehingga memberikan kemudahan menabung sampah, Konsumen akan otomatis mendapatkan user id.

"Tujuan utama adalah untuk mengedukasi masyarakat untuk mengendalikan sampah dan mengurangi timbunan sampah ke TPS melalui penabungan sampah hingga penukaran menjadi Pelumas," terang Imam Wahyu. 

Sementara itu, hasil sampah kering yang dikumpulkan oleh Kedai Kopi Sampah selanjutnya akan dikelola menjadi kerajinan lampion oleh Karang Taruna Jagal Bangkit RW 7 Sidokumpul.


(uda)