Tips Otomotif

Tips Beli Mobil di Masa Kenormalan Baru

Mobil segmen MPV atau SUV, mobil ideal di masa pandemi. auto2000
Mobil segmen MPV atau SUV, mobil ideal di masa pandemi. auto2000

Autogear.id: Di masa kenormalan baru, masyarakat sudah bisa kembali beraktifitas seperti biasa, namun wajib menerapkan protokol kesehatan seperti yang dianjurkan pemerintah. 

Di masa kenormalan baru ataupun PSBB transisi masih banyak orang yang terkesan khawatir untuk naik transportasi umum. Hal ini membuat kebutuhan kendaraan pribadi tetap tinggi. 

Memiliki mobil pribadi dapat menjadi solusi guna menunjang aktivitas dan menambah rasa aman dari terpaparnya virus. Karena itu, demi mempermudah kepemilikan kendaraan baru, banyak diler yang saat ini menawarkan beragam program kepemilikan kendaraan. 

Bagi kalian yang berencana untuk membeli kendaraan baru, ada baiknya memilih tipe dan jenis kendaraan yang cocok digunakan di masa new normal seperti saat ini. Berikut ini tips memilih mobil di masa new normal:

1. Daya Angkut Besar

Sebagai upaya untuk tetap menjalankan aturan physical distancing, mobil yang paling pas adalah jenis 7-penumpang seperti segmen MPV dan SUV. Bermodalkan 3 baris bangku, mobil bisa dinaiki oleh 6 orang yang tetap bisa menjaga jarak aman.

2. Mesin Irit

Di saat pandemi, ada baiknya meminimalisir pengeluaran. Karena itu, kendaraan yang irit bahan bakar dan bertenaga tentu menjadi solusi. Pilihan lain adalah unit diesel VNT (turbo variabel) intercooler yang begitu irit BBM diesel dan menghasilkan torsi besar.

3. Harga Kompetitif

Upaya menghemat pengeluaran harus didukung oleh harga beli yang sesuai budget keuangan. Disertai pilihan model yang lengkap.

4. Daya Tahan Produk Tinggi

Mobil yang tidak mudah rusak membuat konsumen bisa menekan pengeluaran. Selain itu, lebih baik memilih kendaraan dari brand yang sudah teruji awet dan tahan lama sehingga menekan biaya operasional. Begitupun dengan harga bekas yang masih sangat menjanjikan.

5. Perawatan Mudah dan Nyaman

Mobil yang rutin dirawat membuat kondisinya selalu optimal sehingga menekan biaya, seperti untuk membeli bensin atau perbaikan. Demi menambah rasa nyaman, ada baiknya membeli mobil di diler yang memiliki banyak cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.

6. Memiliki Layanan Aftersales Lengkap

Layanan aftersales (purnajual) menjadi penting karena saat ini kita dianjurkan untuk mengurangi aktifitas di luar rumah. Karena itu layanan aftersales seperti Home Serivce hingga kemudahan suku cadang dengan harga yang terjangkau masuk dalam pertimbangan. Lebih memuaskan lagi jika semua layanan sudah bisa diakses lewat platform digital.

7. Layanan Darurat Siaga 24 Jam

Meski punya kualitas bagus, bukan berarti mobil tidak butuh layanan darurat 24 jam. Eksklusif untuk pembelian mobil baru, beberapa diler sudah memberikan layanan Emergency Road Assistance (ERA) secara gratis selama 5 tahun. Mulai dari isi bensin yang habis hingga mobil gendong siap membantu AutoFamily yang terkena kendala teknis dimanapun berada.

8. Garansi

Namanya mobil baru tentunya wajib memiliki garansi. Biasanya, kendaraan baru khususnya brand Jepang menawarkan garansi selama 3 tahun atau 50.000 km. Selain itu, komponen mobil yang diganti masih mendapatkan garansi kembali selama 6 bulan atau 10.000 km.


(uda)