Autogear.id: Pandemi Covid-19 jelas memberikan dampak signifikan terhadap industri otomotif mulai dari hulu hingga hilir. Begitupun dengan Astra Otoparts, penyedia komponen/perlengkapan kendaraan bermotor yang juga terdampak oleh pandemi.

Meski demikian, Chief Executive Marketing Astra Otoparts, Rio Sanggau mengatakan bahwa bisnis mereka masih berjalan positif dengan mengandalkan aplikasi belanja online Astra Otoshop. 

"Saat ini, pelayanan secara digital sangat bermanfaat dan bisa jadi solusi yang tepat bagi para konsumen. Tidak hanya mempermudah berbelanja kebutuhan kendaraan. Tapi juga membantu konsumen dalam hal pemeliharaan kendaraan. Dalam hal penggunaan aplikasi secara online sebelum pandemi kami sudah memlikinya, tentu ini sangat membantu kami dan juga konsumen terlebih di masa pandemi ini," kata Rio sanggau di acara diskusi virtual bersama Forum Wartawan Otomotif (Forwot), Rabu (2/9/2020). 

Astra Otoshop tidak hanya menyediakan kebutuhan untuk kendaraan dengan berbagai merek seperti Aspira, Aspira Premio, Pirelli, GS Astra dan lain-lainnya. Dalam aplikasi ini juga menyediakan fasilitas untuk pemesanan pelayanan service kendaraan di Shop & Drive ataupun di Shop & Bike.

Rio menambahkan, sejauh ini penjualan melalui aplikasi masih sangat membantu. Meski tadinya tren penjualan sempat menurun, namun memasuki semester kedua angka penjualan kembali berangsur normal.

"Tadinya pada awal tahun kita sempat mengalami penurunan namun, saat pertengahan terjadi peningkatan yang signifikan terkait dengan mulai berubahnya pola berbelanja konsumen. Saat ini konsumen lebih memilih untuk berbelanja secara digital," beber Rio. 


(uda)