Eksistensi Pelumas Pertamina Rambah 14 Negara

Pabrik pembuatan pelumas Pertamina untuk mendukung perluasan jangkauan di pasar global (Foto: PTPL)
Pabrik pembuatan pelumas Pertamina untuk mendukung perluasan jangkauan di pasar global (Foto: PTPL)

Autogear.id - Setelah secara terus menerus gencar melakukan ekspansi dan memasarkan produknya di pasar global, pelumas Pertamina kini telah merambah 14 negara yang ada di dunia.

Gebrakan mewujudkan eksistensi pelumas Pertamina rambah 14 negara ini dimulai PT Pertamina Lubricants (PTPL) sejak 7 tahun lalu. Semua bermula pada tahun 2014, saat PTPL mengakuisisi salah satu produsen pelumas di Bangkok, Thailand, yang kini dikenal sebagai Pertamina Lubricants Thailand Co. Ltd. 

Direktur Utama PTPL, Ageng Giriyono menyatakan, sejak akuisisi hingga mewujudkan eksistensi pelumas Pertamina rambah 14 negara tersebut, Pertamina Lubricants Thailand Co. Ltd. memang digunakan sebagai salah satu ujung tombak PTPL. Mengembangkan pasar dan memperluas cakupan pemasaran pelumas Pertamina di pasar Asia, khususnya Indochina.

“Akuisisi ini merupakan milestone Pertamina Lubricants, menuju world class lubricants company. Dengan memperkuat posisi Pertamina Lubricants di pasar regional, terutama eksistensi pelumas Pertamina rambah 14 negara-negara berkembang yang berpotensi besar. Seperti Vietnam, Kamboja, Myanmar, Laos, serta tentunya Thailand," ujar Ageng.

Ekspansi untuk merealisasi eksistensi pelumas Pertamina rambah 14 negara terus berjalan. Sampai akhirnya pada tahun 2018, secara resmi PTPL memiliki Representative Office Australia yang berlokasi di Sydney. 

“Ini kami wujudkan sebagai komitmen kami, dalam melayani konsumen di benua Kanguru tersebut,” jelas Ageng.

Kini, salah satu produk unggulan PTPL yakni Fastron disamping telah eksis dan dipasarkan di 14 negara di Asia, Afrika, dan Australia. PTPL juga telah memiliki distributor pelumas di 12 negara di Asia, 2 distributor Afrika yakni di Afrika Selatan dan Nigeria, serta 1 distributor dan 2 sub-distributor di Australia. 

Bukan Cuma itu, sejak tahun 2020 hingga 2021 pelumas Fastron dan PTPL juga dipercaya menjadi Technical Partner pabrikan mobil super asal Italia, Lamborghini. Ini terjadi dalam ajang balap bergengsi GT3 dan Super Trofeo Championship. 

“Sebagai Technical Partner, kami sediakan Fastron Platinum Racing buat tim Lamborghini Squadra Corse. Sekali lagi membuktikan, PTPL siap dan mampu memproduksi berbagai varian pelumas berkualitas untuk penggunaan sehari-hari. Maupun untuk diformulasi khusus bagi pasar olahraga balap,” promo Ageng. 

Dengan begitu semakin menambah keyakinan pelumas Pertamina, dan PTPL terus berkomitmen melakukan pengembangan bagi dari segi ekspansi bisnis, serta dari segi pengembangan kualitas pelumas Pertamina. 

“Kami pun senantiasa terus menguatkan pertumbuhan bisnis pelumas, baik di dalam maupun luar negeri. Sejalan program Go Retail dan Go Expansion pada Sub Holding Commercial & Trading, induk perusahaan PTPL. Selain itu PTPL berkomitmen memberikan produk dan layanan terdepan bagi pelanggan,” pungkasnya. 


(acf)