Tips Otomotif

Berkendara saat Pandemi, Lebih Aman Naik Mobil atau Motor?

Keluar selama pandemi, lebih baik pakai kendaraan pribadi ketimbang transportasi umum. dok medcom
Keluar selama pandemi, lebih baik pakai kendaraan pribadi ketimbang transportasi umum. dok medcom

Autogear.id: Di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, masyarakat memang dianjurkan untuk tidak beraktifitas di luar rumah demi mengantisipasi agar tidak terpapar dari virus mematikan tersebut. 

Namun penerapan PSBB transisi ataupun new normal memaksa sebagian kalangan untuk tetap bekerja agar dan beraktifitas seperti biasa dengan protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan membawa hand sanitizer kemanapun. 

Himbauan untuk menghindari penggunaan transportasi umum tentunya membuat semua orang akan memilih mengendarai kendaraan pribadi. Lalu saat kita keluar rumah, kendaraan jenis apa yang lebih aman untuk digunakan. Apakah mobil atau motor? 

Hal ini ditanggapi oleh Manajer Safety Riding Astra Honda Motor (AHM) Johanes Lucky. Menurutnya untuk menyimpulkan mana yang lebih aman membutuhkan data dan riset lebih lanjut. Namun yang pasti kedua kendaraan tesebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. 

"Mana yang lebih, apakah motor atau mobil? Kita belum ada datanya soal mana yang lebih aman," jelas Lucky di sesi diskusi virtual bersama Forum Wartawan Otomotif (Forwot), Selasa (4/8/2020). 

Kelebihan mobil adalah kita bisa melakukan jaga jarak, namun kondisinya sirkulasi udara tertutup. Lain halnya dengan motor, sirkulasi udara terbuka tapi tidak memungkinkan untuk jaga jarak.

"Kalau di mobil kan lebih bisa berjarak tapi dalam ruang tertutup (sirkulasi udara tertutup). Nah, kalau di motor sirkulasi udara terbuka. Jadi untuk menentukan mana yang lebih aman kita juga butuh data," beber Lucky. 

Lebih jauh, lepas dari jenis kendaraan yang lebih aman, Lucky menegaskan kedisiplinan masyarakat terkait dengan adaptasi kebiasaan baru serta menumbuhkan kesadaran untuk hidup sehat jauh lebih bermanfaat agar kita semua terhindar dari virus Covid-19. 


(uda)