Mobil Mewah Artis

Alphard Luna Maya Gagal Nanjak, Ini Penyebabnya

Toyota Alphard milik Luna Maya gagal nanjak di kawasan Bogor.
Toyota Alphard milik Luna Maya gagal nanjak di kawasan Bogor.

Autogear.id: Beberapa hari lalu, artis papan atas Luna Maya mengunggah vlog terbaru di akun youtube miliknya. Vlog tersebut mendokumentasikan liburan Luna bersama rekan-rekannya ke kawasan wisata di Bogor. 

Namun vlog tersebut menjadi ramai di kalangan otomotif karena mobil Toyota Alphard putih milik Luna Maya terlihat kesulitan saat melintasi trek menanjak. 

Sebenarnya, dari sisi spesifikasi Alphard, mobil mewah lansiran Toyota tersebut sangat mumpuni melewati jalur mendaki, namun untuk kasus Alphard Luna hal ini disebabkan lintasan yang licin sehingga membuat ban tidak mencengkram sempurna. 

Kejadian ini bisa dipetik sebagai pelajaran karena bagaimanapun juga mobil mewah, mobil keluarga, city car, hingga sedan kemungkinan besar akan kesulitan melibas jalur menanjak, apalagi dengan lintasan yang licin atau kontur jalan yang semi offroad. 

Dilansir dari Medcom, pihak Toyota Astra Motor (TAM) sebagai agen pemegang merk (APM) Toyota di Indonesia juga ikut angkat bicara terkait dengan fenomena Alphard Luna Maya yang gagal nanjak. 

Head of Media Relation PT. Toyota Astra Motor (TAM), Dimas Aska, menilai ada banyak hal yang bisa membuat mobil tidak bisa menanjak. Faktornya pun beragam, seperti jenis kendaraan yang tidak sesuai dengan peruntukkannya.  

"Kita sebagai pengguna kendaraan, menyesuaikan kondisi. Kalau mobil kebutuhan buat di kota otomatis berbeda diajak kondisi ekstrim," ungkap Dimas Aska. 

Dimas menambahkan faktor lain yang bisa saja membuat kendaraan sulit menanjak adalah performa mobil yang tidak maksimal. 

"Penggunaan kendaraan sesuai dengan kebutuhan, terkadang ada faktor lain. Level ekstrim banyak, ekstrim tidak besar tetapi kondisinya tidak normal juga bisa," lanjut Dimas. 

Kembali ke kasus Alphard Luna Maya, terlihat jelas lokasi yang dituju adalah area wisata yang jalurnya semi offroad, licin, dan menanjak. Untuk destinasi seperti ini, akan lebih tepat menggunakan mobil jenis offroad, atau minimal mobil suv dengan ban offroad.


(uda)