All-New Destinator: Bukan Sekadar Xforce Dipanjangkan ke Belakang?

All-New Destinator: Bukan Sekadar Xforce Dipanjangkan ke Belakang?
All-New Destinator: Bukan Sekadar Xforce Dipanjangkan ke Belakang?

Autogear.id – Mitsubishi all-new Destinator diluncurkan, dan banyak yang bilang model kendaraan ini menyerupai Mitsubishi Xforce.

Bedanya hanya penambahan kursi belakang saja, di mana Xforce merupakan SUV 5-seater, sedangkan Destinator 7-seater. Sehingga Mitsubishi all-new Destinator itu ibarat Xforce yang ditarik melar ke belakang. Benarkah demikian?

Desain Eksterior Khas SUV, Halus dan Autentik

Sebelum lebih jauh, alangkah baiknya menyimak eksterior dari kendaraan yang diluncurkan World Premiere di Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (17/7/2025).

Tampilannya berwibawa dengan posisi stabil, di mana profil samping dinamis menunjukkan kemampuan SUV, dan performa bertenaga.

embed

Grille akrilik menambah sentuhan mewah, dan inovasi pada tampilan depan yang berani. Sementara desain belakang padukan kemampuan tangguh, dengan kepraktisan harian.

Bagian depan menampilkan konsep desain Dynamic Shield, ciri khas Mitsubishi, tonjolkan performa kendaraan kuat dan protektif.

Roda ukuran 18 inci memungkinkan pengendalian dan manuver optimal di jalan tidak rata. Roda diameter besar, dibingkai fender flare depan dan belakang berotot.

Interior Lapang Ditunjang Panoramic Sunroof

Tempat duduk tiga baris dengan ruang lapang bagi semua penumpang. Tersedia Panoramic Sunroof, dan pencahayaan ambient 64 warna ciptakan nuansa premium. Sepertinya fitur-fitur ini tidak ada pada Xforce.

Kendaraan ini jadi model SUV Mitsubishi pertama yang sediakan pengaturan sunroof lewat sistem Smartphone-link Display Audio (SDA).

Pengguna dapat menyesuaikan bukaan kaca dan tirai matahari dalam kelipatan lima persen. Atau memiringkan kaca ke atas penambah sirkulasi udara, semuanya dalam layar SDA.

embed

Panel instrumen mengintegrasikan SDA dan layar pengemudi ke dalam satu panel besar, dengan tampilan monolitik.

Sistem SDA 12,3 inci, terbesar di kelasnya. Termasuk tampilan multimeter, penghormatan terhadap ikon triple-meter dari Mitsubishi Pajero.

Sementara itu, layar pengemudi digital 8 inci menawarkan informasi. Termasuk notifikasi pop-up untuk mode berkendara yang dipilih.

SUV Destinator juga menawarkan ruang bagasi luas. Bahkan dengan kursi baris ketiga yang digunakan, masih ada ruang untuk empat galon air. Pembagian 40:20:40 di baris kedua, dan kursi lipat individual 50:50 di baris ketiga.

Solusi penyimpanan cerdas tingkatkan kenyamanan di setiap kursi. Tempat botol minum tersedia di beberapa titik kabin, termasuk pada trim pintu dan konsol tengah.

Meja lipat dan kantong di belakang kursi depan, dirancang untuk menyimpan tablet dan barang pribadi. Setiap baris kursi menawarkan akses ke port USB Tipe A dan C.

Bicara sistem audio, bisa dikatakan menyerupai Xforce, yakni Dynamic Sound Yamaha Premium. Dikembangkan bekerja sama dengan Yamaha Corporation, punya 8-speaker yang dirancang khusus sound meister Yamaha.

Lima Pilihan Mode Berkendara

Pengemudi dapat memilih lima mode berkendara untuk berbagai kondisi permukaan jalan. Mode Wet, memberi stabilitas tinggi dan kurangi risiko selip ban ketika hujan. Mode Tarmac, tawarkan respons gesit dan presisi di jalan berkelok-kelok.

embed

Mode Normal adalah keseimbangan untuk berkendara sehari-hari, mode Gravel mengurangi selip, dan memastikan pengendalian andal di jalan tidak beraspal. Mode Mud memberi pengendalian jalan yang kuat, bahkan di medan berlumpur dan kasar.

Kenyamanan suspensi MacPherson struts untuk bagian depan, dan torsion beams untuk bagian belakang, meningkatkan stabilitas saat berkendara lurus maupun saat bermanuver.

Pengujian menyeluruh di Jepang, sengaja diseting untuk kenyamanan di berbagai tekstur jalan di negara-negara ASEAN.

Ground clearance tinggi, 214 mm (244 mm tanpa penutup bawah), dan visibilitas depan sangat baik ditawarkan mobil ini. Approach angle terbaik di kelasnya 21 derajat, ramp breakover angle 20,8 derajat, dan departure angle 25,5 derajat.

Mesin Turbo 1500cc dan Banjir Fitur Keamanan

All-new Destinator diimbuhi mesin turbo MIVEC 1500cc, berdasarkan desain 4B40. Terdapat water cooled intercooler, dan siklus rasio ekspansi tinggi (Atkinson cycle). Memungkinkan kombinasi antara akselerasi bertenaga, dan efisiensi bahan bakar tinggi.

Tenaga maksimum 120 kilowatt (kW), dan torsi puncak 250 newton meter (Nm). Transmisi dilengkapi Continuously Variable Transmission (CVT), memberi akselerasi linear sesuai tekanan pedal gas.

Penggerak roda depan Destinator memanfaatkan teknologi all-wheel control dari Mitsubishi Motors. Sajikan pengendalian khas SUV, di berbagai permukaan jalan dan kondisi cuaca.

embed

Sistem tersebut mengintegrasikan berbagai fitur pengendali, termasuk Active Yaw Control (AYC), sebagai distributor tenaga antara penggerak roda depan kiri dan kanan.

Mengadopsi Mitsubishi Motors Safety Sensing, sebuah sistem bantuan pengemudi yang canggih. Meliputi Adaptive Cruise Control (ACC), dan Forward Collision Mitigation System (FCM).

Begitupula Blind Spot Warning (BSW), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Automatic High Beam (AHB), Leading Car Departure Notification (LCDN), dan Multi Around Monitor.

Terdapat 6-airbag SRS, untuk performa keselamatan tabrakan, dengan menyerap energi dan meminimalkan deformasi kabin saat terjadi benturan. Jadi, all-new Destinator bukan sekadar Xforce dipanjangkan ya?


(uda)