Mobil Baru

Pilah-Pilih SUV Kompak di Bawah Rp300 Juta? Simak Nih Apa Hal Pentingnya!

Pilah-pilih varian dan jenis SUV kompak, jangan lupa! pilih yang fiturnya dibutuhkan dan harganya tak memberatkan. WM
Pilah-pilih varian dan jenis SUV kompak, jangan lupa! pilih yang fiturnya dibutuhkan dan harganya tak memberatkan. WM

Autogear.id Pamor SUV kompak yang mendadak jadi favorit masyarakat Indonesia, juga direspon dengan baik oleh beberapa produsen kendaraan. Salah satunya Wuling yang menghadirkan Alvez sebagai jawaban buat mereka yang ingin mencari SUV kompak harga kompetitif namun memiliki tampilan yang bergaya dipadukan dengan segudang fitur inovatif. 

Jika dirunut ke belakang, dirilisnya Alvez memang untuk merespon keinginan pasar akan sebuah kendaraan yang punya fitur mewah namun anggaran terjangkau secara rata-rata penghasilan orang Indonesia. Hal ini tentu tak terlepas dari strategi pasar yang mereka terapkan untuk pasar otomotif Indonesia. 

Nah, jika berbicara soal pilihan tentu tak mudah, apalagi jika sudah berbicara soal pamor brand, aftersales, harga pembelian, kualitas produk hingga harga jual kembali. Namun dengan klausul ini juga, brand yang terpilih semakin mengerucut dan hanya beberapa yang bisa masuk dalam daftar incaran. Terlebih untuk brand otomotif yang masih terbilang baru di Indonesia seperti Wuling Motors. 

Fitur Menyamai Mobil Mewah
Salah satu faktor yang bikin orang Indonesia ingin membeli kendaraan baru adalah karena teknologi dan fitur yang ditawarkan, selain harga jual kembali dan layanan purna jual. Sejak awal diperkenalkan di pasar otomotif Indonesia, Wuling Alvez sudah diklaim punya fitur mentereng namun dengan harga jual yang sangat kompetitif. 

Baca Juga:
Drag Race HOGERS Indonesia Pecah Rekor, Kantongi Lebih Dari 650 Starter

Soal fitur dan tampilan, tentu juga tak bisa dipandang sebelah mata. Mengingat Alvez hadir dengan tampilan yang fashionable dengan bahasa desain sleek and stylish. Mulai dari bagian depan dengan desain grille depan yang berani, lampu LED DRL, serta Adjustable LED Projector Headlamp. Kemudian samping hingga fitur-fitur yang membuat tampilannya jadi sporty seperti Dynamic Dual-Tone Color, aksen chrome pada garis jendela, roof rail, electric adjustable & folding side mirror, dan velg alloy berukuran 16 inci. 

Masuk ke interior, Alvez menawarkan nuansa stylish dan kecanggihan yang semakin dekat dengan penggunanya. Hal tersebut ditunjang dengan desain tuas transmisi yang baru, synthetic leather seat, Premium Soft Touch di beberapa bagian, hingga lingkar kemudi berbalut bahan kulit. Di bagian entertainment, mobil ini dibekali head unit berukuran 10,25 inci yang terkoneksi internet. 

Fitur keselamatannya pun cukup lengkap, lantaran semua hal yang ada di SUV kompak premium juga terpasang di sini. “Selain tampilan stylish dan fitur yang lengkap, Alvez merupakan bagian dari produk inovatif Wuling. Hal ini karena Almaz mengusung inovasi ADAS, Wuling Indonesian Command (WIND), dan Wuling Remote Control App,” jelas Product Planning Wuling Motors, Danang Wiratmoko.

Harganya yang Menggoda
Hal lain yang tak kalah penting adalah soal harga. Lantaran harga jual Alvez sejak Februari lalu cukup impresif yaitu tak lebih dari Rp300 juta, tak heran jika banyak orang yang tertarik untuk memiliki mobil ini. Bahkan untuk varian termurah mulai Rp209 juta hingga varian termahal masih di bawah Rp300 juta tepatnya Rp295 juta on-the-road Jakarta. Tentu ini menjadi tamparan besar bagi brand lain yang mengusung SUV kompak dengan harga di atas Rp300 juta. 

Baca Juga:
Posisi Kedua Pangsa Pasar Otomotif Nasional, Alasan GIIAS 2023 Sasar Jabar

Gendong Mesin Tangguh
Hal berikutnya yang patut jadi pertimbangan adalah soal tenaga penggeraknya harus terbukti tangguh. Mengingat mobil ini mengusung mesin yang sama di Confero dan Formo yang terbilang tangguh, tentu ini jadi hal penting. Mengusung mesin versi naturally aspirated atau mesin murni tanpa tambahan komponen turbocharger. Beberapa ubahan disesuaikan dengan kebutuhan SUV kompak ini. 

Namun muntahan tenaga dan torsinya sangat berbeda, lantaran sistem transmisi antara kedua mobil ini, jauh berbeda. Alvez sudah dibekali dengan sistem transmisi Continuous Variable Timing (CVT), sementara Confero masih menggunakan transmisi manual dengan sistem kopling otomatis. Sehingga jika dilihat dari sisi pencapaian torsi dan tenaga berbeda signifikan. Alvez menggendong mesin berkode N15 berkubikasi 1.485 cc 4 silinder dengan teknologi katup DOHC DVVT. Tenaga yang dihasilkan adalah 105 daya kuda dan torsi 143 Nm.

“Kami melihat bahwa generasi muda sudah memasuki pasar otomotif dengan membawa kebutuhan mobilitas yang berbeda dan unik. Hal tersebut tentunya berdampak baik pada segmen kendaraan dan menjadikannya lebih beragam dan terus bertumbuh. Untuk menjawab kebutuhan di segmen SUV kompak ini, Alvez jadi jawabannya dan langsung digemari berkat tampilannya yang atraktif, bodi kompak namun tetap lapang," pungkas Vice President Wuling Motors, Arif Pramadana dalam pernyataan resminya beberapa waktu lalu.

Harga lengkap Wuling Almaz:
IDR 209,000,000 (SE)
IDR 255,000,000 (CE)
IDR 295,000,000 (EX)


(uda)