Pameran Otomotif GIIAS 2022

Lirik Tiga Gacoan Porsche pada Pameran Otomotif GIIAS 2022

Porsche Indonesia rilis mobil-mobil jagoannya di GIIAS 2022. PI
Porsche Indonesia rilis mobil-mobil jagoannya di GIIAS 2022. PI

Autogear.id - Porsche Indonesia kembali hadir menyemarakkan pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) ke-29, yang berlangsung pada 11-21 Agustus 2022. Tiga model unggulan dipajang di stan yang terletak di Hall 3 International Convention and Exhibition Center di Bumi Serpong Damai (ICE BSD City). 

Ketiganya adalah Porsche Taycan Turbo all-electric, Cayenne Turbo S E-Hybrid, dan 718 Cayman GT4 dengan performa yang siap melaju di sirkuit balap. Managing Director Porsche Indonesia, Michael Vetter, menyampaikan elektrifikasi adalah masa depan pengembangan otomotif. Diakui Vetter, sejak diperkenalkannya mobil sport all-electric pertama Porsche di Indonesia yaitu Taycan, pihaknya telah menerima feedback sangat positif. 

“Angka penjualan kami menunjukkan permintaan yang kuat untuk Taycan serta model Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) yang baru-baru ini diperkenalkan, Cayenne dan Panamera E-Hybrid,” katanya di ajang GIIAS 2022.

Menyangkut elektrifikasi, Taycan Turbo menampilkan dua motor listrik yang menghasilkan tenaga hingga 680 PS/500 kW dikombinasikan dengan Launch Control. Berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam hanya dalam 3,2 detik, hingga kecepatan tertinggi 260 km/jam. Berkat transmisi dua kecepatan pertama di dunia yang dipasang di gandar belakangsebagai inovasi dari Porsche.

Baca Juga:
Warna Baru Panarea 125 Spesial Rayakan Hari Kemerdekaan RI ke-77

Sebagai kendaraan produksi pertama dengan voltase sistem 800 volt, Taycan juga mendapat manfaat dari pengisian daya yang sangat cepat. Waktu pengisian daya dari 5 hingga 80 persen SoC (status pengisian daya) hanya butuh waktu 22,5 menit di bawah kondisi ideal. Lalu hanya dengan 10 menit pengisi daya cepat, pemilik sudah dapat dengan mudah mencapai jangkauan lebih dari 100 km.

Sementara Cayenne Turbo S e-Hybrid menghasilkan uutput sistem gabungan sebesar 500 kW (680 PS). Berasal dari interaksi cerdas mesin V8 empat liter (404 kW/550 PS), dan motor listrik yang terintegrasi ke dalam transmisi Tiptronic S delapan kecepatan (100 kW/136 PS ). Torsi sistem maksimum 900 Nm tersedia tepat di atas idle. 

Terlepas dari perawakannya, Cayene Turbo S E-Hybrid berakselerasi dari posisi awal hingga 100 km/jam dalam 3,8 detik dan mencapai kecepatan tertinggi 295 km/jam. Performanya tersebut diimbangi tingkat efisiensi yang tinggi, karena Cayenne Turbo S E-Hybrid juga dapat dikendarai hingga 40 kilometer tanpa emisi lokal.

Sedangkan Porsche 718 Cayman GT4 sebagai salah satu varian yang dipamerkan, dirancang untuk penggemar mobil sport yang menghargai tingkat kelincahan tinggi dan kedekatan dengan pusat tenaga. Mobil sport bermesin tengah ini memiliki mesin boxer empat liter, enam silinder naturally aspirated yang menghasilkan 309 kW (420 hp), dicocokkan dengan transmisi manual enam kecepatan murni. 

Baca Juga:
Pertama Kalinya Juara Brio V-Mod Mejeng Dalam Wujud Nyata

Karakter menarik dari mesin naturally aspirated ini melihat pengiriman daya linier dikombinasi dengan respons langsung dari mesin GT. Kecepatan mesin maksimum 8.000 putaran, untuk sensasi aural mesin boxer maksimum.

Sorotan lain dari 718 Cayman GT4 adalah konsep aerodinamis yang ditingkatkan secara komprehensif. Menghasilkan downforce hingga 50 persen lebih banyak, tanpa mempengaruhi hambatan. Peredam belakang lengkung ruang tunggal, menciptakan ruang di bagian belakang untuk diffuser fungsional. Penyumbang 30 persen downforce mumpuni di gandar belakang. 

Sayap belakang tetap ditandai efisiensi yang lebih besar, menghasilkan downforce sekitar 20 persen lebih banyak dibandingkan pendahulunya. Pada event GIIAS kali ini, pengunjung dapat merasakan pengalaman mobil sport all-electric pertama Porsche, Taycan Turbo di area test drive indoor.

Untuk model Porsche lainnya yang bisa test drive di trek outdoor, yaitu model Cayenne dan Panamera E-Hybrid serta Macan III yang baru saja diluncurkan di Indonesia. Porsche Indonesia juga memamerkan berbagai item Porsche Lifestyle bagi para antusias. Demi menunjukkan kecintaan mereka terhadap merek ini, mulai dari aksesoris hingga apparel. Termasuk produk Porsche Motorsport.


(uda)