Pasar Otomotif Indonesia

40 Tahun di Indonesia, Tugas Besar Menanti Nakhoda Baru Hino

Tugas besar menunggu nakhoda baru Hino di Indonesia yaitu Takashi Muto yang ditantang melanjutkan konsistensi besar Hino di pasar kendaraan niaga berat dan medium di Indonesia. HMSI
Tugas besar menunggu nakhoda baru Hino di Indonesia yaitu Takashi Muto yang ditantang melanjutkan konsistensi besar Hino di pasar kendaraan niaga berat dan medium di Indonesia. HMSI

Autogear.id - Masa pandaemi yang begitu berat bagi hampir semua industri otomotif nasional, membuat banyak hal yang mereka sesuaikan. Bukan hanya strategi produk yang mumpuni, namun ragam layanan penjualan dan purna jual harus mereka berikan. Bahkan teknologi terbaru pun jadi sebuah keniscayaan untuk membuat sebuah produk tetap diminati. 

Hal inilah yang dilakukan oleh PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) melalui Presiden Direkturnya selama 3 tahun terakhir yaitu Masato Uchida. Ragam inovasi yang Ia lahirkan di masa pandemi kin menjadi hal yang tentu bukan hal mudah untuk dilanjutkan. Apalagi pandemi dinyatakan lebih melandai dan beragam pembatasan tak lagi diberlakukan.

Di momentum hari jadi Hino ke 40 tahun, HMSI pun melakukan perombakan manajemen teratasnya di Indonesia yaitu pergantian pucuk pimpinan Presiden Direktur. Mulai 1 Februari 2023, Takashi Muto ditunjuk sebagai Presiden Direktur HMSI yang baru, menggantikan Masato Uchida yang masa jabatannya akan berakhir di 31 Januari 2023. Tentu bukan hal mudah untuk melanjutkan pencapaian Uchida. Namun Muto menegaskan kesiapannnya melanjutkan komitmen Hino di pasar otomotif Indonesia.

“Saya akan berusaha melanjutkan komitmen Hino Indonesia dalam memberikan produk dan layanan yang berkualitas kepada pelanggan kami. Berkontribusi positif kepada perkembangan industri otomotif di indonesia, khususnya dipasar kendaraan niaga,” ujar Muto di sela-sela seremonial serah terima jabatan dari Uchida kepadanya di The Sultan Hotel pada Rabu (18/1/2023). 

Baca Juga:
Tiga Cover Eksklusif 911 Dakar Bawa Pesan Ketangguhan di Ajang Reli Terberat

Meski bukan tugas mudah baginya, namun tentu Muto harus menyiapkan amunisinya di pertamanya ini. Mengingat Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani menegaskan bahwa Indonesia harus siap menghadapi krisis global yang bisa jadi berdampak juga di negara ini. Namun pemilihan Muto, tentu pertimbangannya juga besar. Mengingat pengalamannya juga cukup besar di industri otomotif khusus kendaraan niaga besar. 

Takashi Muto memiliki pengalaman dalam bisnis Hino di Kawasan Asia. Sebelumnya Ia menjabat sebagai Deputy GM Asia & Oceania Department Hino Motors Limited (HML) Japan pada periode Februari 2016 sampai Januari 2018. Setelah itu, dari Februari 2018 sampai Januari 2022, Ia mengemban tugas sebagai General Director Hino Motors Vietnam,Ltd. Memasuki Februari 2022, Takashi Muto kembali ke Jepang sebagai General Manager Total Support Promotion Department, HML dan kini didapuk sebagai Presiden Direktur HMSI.

Sementara itu, Uchida akan kembali ke Hino Motors Ltd, dan akan menepati posisi baru untuk menangani bisnis Hino di Jepang. Masato Uchida, memimpin HMSI dalam kurun waktu 3 tahun terakhir, dan berkontribusi melalui kepemimpinannya yang luar biasa dalam melewati masa pandemi yang cukup berat dengan berhasil membawa HMSI tetap berdiri kokoh. 

Di bawah kendali Uchida, Hino terus fokus mengembangkan layanan Total Support untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi bisnis konsumen, seperti salah satunya HMSI membuka pusat pelatihan pengemudi Hino Total Support Customer Center (HTSCC) yang membuat Hino sebagai satu – satunya brand kendaraan niaga di Indonesia yang memiliki sirkuit pelatihan bagi pengemudi.

Baca Juga:
FreeGo 125 Connected Diklaim Jadi Pilihan Keluarga Muda, Kok Bisa?

“Sebuah kebanggaan yang luar biasa bagi saya, dapat bertugas di indonesia dan berkontribusi bagi bisnis pelanggan disini. Terima kasih banyak atas dukungan Anda yang luar biasa kepada saya selama 3 tahun ini,” pungkas Uchida.


(uda)