Pameran Otomotif IIMS 2023

Grand Vitara jadi Jagoan Baru, New Ignis Menyusul?

Meski Grand Vitara jadi jagoan Suzuki di awal tahun, namun Ignis bakal tetap jadi produk prioritas. AG-Uda
Meski Grand Vitara jadi jagoan Suzuki di awal tahun, namun Ignis bakal tetap jadi produk prioritas. AG-Uda

Autogear.id - Pasar kendaraan SUV yang ramai dimainkan oleh brand otomotif nasional saat ini, dianggap bakal kian ramai hingga beberapa tahun ke depan. Selain karena pasarnya memang sesuai dengan kondisi jalan di Indonesia, juga karena fitur dan harganya kian kompetitif. Hal ini juga terjadi di brand asal Jepang yaitu Suzuki.

Meski demikian, bukan berarti segmen kendaraan kecil seperti Ignis dan S-Presso bakal ditinggalkan. Hal ini diungkapkan oleh Head of Brand Development & Marketing Research 4W Suzuki Indomobil Sales (SIS), Harold Donnel Tampubolon saat berbicara dengan Autogear pada Rabu (22/2/2023). Ia menegaskan bahwa Ignis akan tetap jadi salah satu produk yang mereka prioritaskan lantaran memang pasar masih mencari mobil kompak yang sarat akan kemudahan namun juga fitur yang memadai. 

"Dengan adanya Ignis dan S-Presso semua tetap kita maintanance, salah satu janjinya saat pak Asaki tahun lalu bakal ada 7 produk SUV yang akan diluncurkan, sampai 2025. Mengindikasikan bahwa SUV market itu sangat besar di mata Suzuki, kedua komitmen Kita. Jadi dengan adanya Ignis dan S-Presso tetap jadi prioritas," ujar Harold.

Ia menegaskan bahwa Suzuki Indonesia tidak akan meninggalkan (pasar city car), bukan karena ada Grand Vitara, lalu ignis, S-Presso dianak-duakan. Jadi sesuai dengan kapabilitas market yang ada. "Kebutuhan kendaraan di setiap market berbeda-beda. Sepanjang 2022 S-Presso sekitar 2.000an unit, agak sama dengan Ignis."

Baca Juga:
Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected Fiturnya Indonesia Banget!

Ketika ditanya soal kapan Ignis memasuki tahap penyegaran fitur dan tampilan, Harold juga berharap agar Suzuki Indonesia melakukannya tahun ini. Mengingat Ignis sejak peluncurannya punya peminat yang sangat besar. Terlebih mobil ini sudah cukup tenar lantaran bodi kompak dan desainnya yang khas. 

Sebagai kendaraan 'Gear to Ignite' yang mengusung tema sebagai 'The New Breed of Urban SUV', Ignis tampil dengan lebih modern dari sisi eksterior yang membawa desain SUV tangguh ke dalam mobilitas harian kaum konsumen aktif dan berjiwa muda. Ignis dilengkapi juga dengan fitur-fitur yang menambah kenyamanan dan kemudahan berkendara. 

Fitur-fitur tersebut di antaranya berupa push start/stop button, keyless entry, tilt steering, steering wheel with switch audio control and bluetooth phone connection, Digital AC auto climate with heater, roof rail, LED Projector headlamp, DRL (Day Running Light), Touchscheen Headunit, Parking Sensor, Stylish 15 inch wheel dan 180mm ground clearance. 

Untuk keamanan pelanggan selama berkendara, New Ignis juga dibekali fitur keselamatan Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), dual SRS airbag, Side Impact Beam, ISOFIX, Immobilizer, Pretensioner front seat belt, dan new generation platform HEARTECT. Dengan mesin 1.200cc, Ignis tepat digunakan untuk mobilitas perkotaan karena lebih efisien.


(uda)