Pameran Otomotif GJAW 2023

Selain Fitur dan Tenaga Mentereng, Apa Isitimewanya Almaz Hybrid?

Selain fitur mentereng, apa yang bisa Anda dapatkan dari Wuling Almaz Hybrid? AG-Uda
Selain fitur mentereng, apa yang bisa Anda dapatkan dari Wuling Almaz Hybrid? AG-Uda

Autogear.id – Kendaraan listrik saat ini bisa dibilang sedang naik daun di kota-kota besar. Meski untuk tipe kendaraan listrik yang ditenagai bateari secara penuh masih sulit diserap pasar ke seluruh Indonesia, namun banyak penjualan di daerah juga mulai terlihat menggeliat. Salah satunya cara menikmati kendaraan listrik tanpa takut memikirkan stasiun pengisian baterai umum adalah dengan cara menggunakan kendaraan berbasis plug-in hybrid. 

Namun tak sampai di situ permasalahan yang ada, lantaran kendaraan dengan sistem penggerak hybrid (gabungan mesin konvensional dan motor listrii), selalu punya banderol harga yang lebih tinggi. Hal ini yang menyebabkan kendaraan tipe ini agak sulit diserap pasar. Hingga lagi-lagi Wuling Motors kembali bikin gebrakan dengan Almaz Hybrid. 

Berbeda dengan Almaz RS, versi hybrid ini justru dari data yang dihadirkan punya tenaga yang sangat besar. Bukan hanya karena ditambatkannya mesin 2.000 cc dengan muntahan tenaga yang memang lebih kecil yaitu 123 daya kuda dari versi mesin 1.500 cc turbo di versi RS yang sanggup memuntahkan 140 dk. Namun dengan adanya bantuan dari motor listrik dengan tenaga sebesar 174 dk, mobil ini terbilang galak atas bawah. 

Belum lagi gabungan torsi mesin konvensional 168 Nm dan motor listrik sebesar 320 Nm, bikin torsi putaran mesin yang sampai ke ban, mencapai hampir 400 Nm. Pastinya ini akan jadi bulan-bulanan bagi brand lain yang menjual kendaraannya di atas Rp500 juta menginta Almaz Hybrid hanya dipatok harga sebesar Rp472 juta on the road Jakarta.

Baca Juga:
 

“Aspek performa yang hadir melalui inovasi hybrid ini, adalah jawaban untuk mereka yang butuh perpaduan performa yang bertenaga, fuel efficiency, dan mobilitas ramah lingkungan. Almaz Hybrid adalah kombinasi sempurna untuk menghadirkan sensasi berkendara exciting sehingga bisa menjadi pilihan masyarakat Indonesia. Ini juga jadi bukti komitmen Kami memberikan yang terbaik bagi Indonesia,” ujar Vice President Wuling Motors, Arif Pramadana beberapa waktu lalu.
 
Almaz yang memiliki arti berlian merupakan lini produk Wuling yang ikonik di Tanah Air. Diawali dari inovasi perintah suara berbahasa Indonesia di Almaz pada tahun 2019 yang membuat masyarakat familiar dengan ‘Halo Wuling’. Kemudian berlanjut dengan inovasi Internet of Vehicle (IoV) dan Advanced Driver Assistance System (ADAS) pada tahun 2021 yang menjadikan Almaz RS menyandang gelar The First Leading Intelligent Digital Car. 

Hingga akhirnya Almaz Hybrid lahir di akhir 2022 sebagai kasta tertinggi dari keluarga Almaz. Didukung baterai berkapasitas 1,8 kWh, perpaduan ini menghasilkan emisi yang lebih rendah serta meningkatkan efisiensi bahan bakar. 

Teknologi Dedicated Hybrid Transmission (DHT) pun dikembangkan secara khusus untuk membagi daya secara cepat dan tanpa jeda dengan pilihan tiga mode berkendara, yaitu EV Mode, Series Hybrid, dan Parallel Hybrid yang diatur melalui sistem cerdas kendaraan.
 
Pembaruan di area interior Almaz Hybrid agar terkesan premium dan berkelas berkat penggunaan nuansa warm beige. Panoramic Sunroof yang luas, Warm Beige Leather Seats yang dilengkapi dengan kabin lapang dan konfigurasi kursi hingga 7 penumpang. Untuk desain eksteriornya diberikan pembeda dengan Prominent Hybrid Emblem, Dynamic Blue Lines, dan juga 18” Alloy Wheels. 

Tercatat ada empat pilihan warna yang ditawarkan oleh Wuling, antara lain Starry Black, Pristine White, Aurora Silver, dan Carnelian Red. Mengenai teknologi berkendara yang dimilikinya, Almaz Hybrid merupakan paket lengkap. Adapun SUV terbaru Wuling ini didukung oleh Advanced Driver Assistance System (ADAS), Internet of Vehicle (IoV) dan perintah suara berbahasa Indonesia pertama yakni Wuling Indonesian Command (WIND). Lalu fitur keselamatan lengkap.

Terkait layanan purna jual dari Almaz Hybrid, Wuling menyediakan garansi umum kendaraan 3 tahun atau 100.000 kilometer, garansi baterai 8 tahun atau 120.000 kilometer, garansi komponen utama motor listrik 3 tahun atau 60.000 kilometer, dan garansi transmisi DHT 5 tahun atau 100.000 kilometer. Tentunya dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Penasaran dengan performanya? Almaz Hybrid masih bisa diujicoba di ajang GAIKINDO Jakarta Auto Week (GJAW) hingga 19 Maret 2023 mendatang. Bahkan Wuling memberikan program khusus pembelian kendaraan dengan additional trade in sebesar Rp5.000.000. Hmm, menarik sih ya!


(uda)