Replika Otomotif

60 Tahun McLaren, Lego Hadirkan F1 LM dan Solus GT

60 tahun McLaren di industri supercar dunia jadi inspirasi khusus bagi Lego untuk membuat replika khususnya. Lego
60 tahun McLaren di industri supercar dunia jadi inspirasi khusus bagi Lego untuk membuat replika khususnya. Lego

Autogear.id - Merayakan 60 tahun McLaren, setelah didirikan oleh insinyur sekaligus pebalap, Bruce McLaren. Perayaan tersebut ditandai berkolaborasinya dua ikon besar, McLaren Automotive & the Lego Group. Desainer dari Lego dan McLaren berkumpul di markas Lego di Billund, Denmark, baru-baru ini. Kedua pihak meluncurkan paket ganda Lego McLaren Speed Champions pertama, yang menghadirkan hypercar dan supercar.

Lego McLaren Speed Champions menampilkan dua mobil McLaren ikonik, yakni F1 LM dan Solus GT.  Termasuk di dalamnya, fitur-fitur mencakup supercar legendaris McLaren F1 LM dari tahun 1990-an, bersama hypercar fenomenal McLaren Solus GT terbaru. Kedua karya LEGO ini menghormati inovasi teknis dan bahasa desain McLaren, dengan detail otentik dari mobil aslinya. 

Seperti warna Papaya Orange dari F1 LM, lalu posisi tempat duduk pengemudi, bahkan juga saluran pendingin. Begitupula hypercar Solus GT, dimana terlahir dari konsep dunia game virtual. Mengusung desain kokpit kursi tunggal mencolok dan sayap belakang high-downforce, tambahan sempurna buat penyuka McLaren. 

Dijelaskan, set tersebut berisi 581 bagian. Dilengkapi pula dengan dua minifigure pengemudi Lego, dalam baju balap McLaren untuk pria dan wanita. “Karena tahun 2023 menandai ulang tahun ke-60 McLaren dan gairah pendirinya untuk menciptakan supercar ultimatif, kami merasa ini adalah kesempatan yang sempurna untuk bergabung dengan Lego, merayakan beberapa mobil McLaren ikonis yang desainnya berasal dari visi itu,” ujar Chief Designer McLaren Automotive, Goran Ozbolt.

Baca Juga:
Tekanan Ban Menyalahi Rekomendasi? Ini Akibatnya

Dia melanjutkan, bersama Lego Speed Champions, pihaknya telah menciptakan paket ganda McLaren pertama yang menampilkan F1 LM ikonis. Serta hypercar fokus trek terbaru, Solus GT, yang hanya akan dijual kepada 25 pelanggan. 

“Tidak peduli berapa usia Anda, maka Anda dapat bersenang-senang membangun dan menjelajahi mobil-mobil tersebut. Melalui itu, semoga kami dapat menginspirasi desainer dan insinyur masa depan, yang akan membantu kami melihat 60 tahun mendatang dan seterusnya,” imbuh Ozbolt.

Sementara Manager Desain Lego Group, Christopher Leslie mengatakan, perusahaannya punya tujuan menginspirasi penggemar kendaraan Lego dari segala usia, dengan pengalaman membangun yang baru dan unik. “Terutama, setiap kali kami memperluas koleksi Speed Champions. Peluncuran ini adalah contoh lain dari kemitraan yang sudah lama berjalan,” terangnya. 

Diketahui, 60 tahun yang lalu, pebalap, insinyur dan visioner kelahiran Selandia Baru, Bruce McLaren mendirikan tim balap di Inggris, yang masih menjadi salah satu nama tersukses di kancah motorsport. McLaren satu-satunya tim yang berhasil memenangkan “Triple Crown of Motorsport”, ketika merenggut kemenangan di balap Grand Prix Monaco, Indianapolis 500, dan Le Mans 24 Jam. 

Baca Juga:
Suzuki Gelar Victorious Contest XI, Apa Tujuannya?

Pada tahun 1960 an, Bruce membuka selubung M6GT yang merupakan supercar McLaren pertama yang pernah dibuat. Sebenarnya terkait kolaborasi Lego Group dan McLaren, keduanya pertama kali bergabung pada 2015. Sejak itu duet mereka telah menciptakan enam mobil McLaren Lego Speed Champions, dan dua model McLaren Lego Technic. Buat para penggemar McLaren, set baru dari Lego Speed Champions Solus GT dan F1 LM saat ini sudah tersedia secara global.


(uda)