Pameran Otomotif

GIIAS ke-30 Tahun Ini Tidak Kejar Target Nilai Transaksi?

GIIAS 2023 pasang target tinggi. AG-Uda
GIIAS 2023 pasang target tinggi. AG-Uda

Autogear.id – Penyelenggaraan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) The Series 2023 diawali oleh GIIAS di BSD-CITY, Tangerang, Banten pada 10-20 Agustus. Tahun ini akan menjadi penyelenggaraan GIIAS ke-30, sejak pertama kali kegiatan tersebut diinisiasi pada tahun 1986. Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi mengungkap tahun ini event otomotif tersebut menjadi tonggak sejarah bagi asosiasi yang digawanginya. 

“Penyelenggaraan pameran otomotif Gaikindo telah berjalan selama 30 kali pada tahun ini. Selama itu juga kami telah menampilkan berbagai pencapaian industri otomotif, karya-karya anak bangsa, kepada masyarakat Indonesia,” kata Nangoi. 

Lanjut Nangoi, tahun ini GIIAS dipastikan bakal hadir secara komprehensif, mencakup merek yang lebih banyak dan lengkap. Menurutnya, bisa dipastikan pula akan lebih banyak model dan teknologi baru yang bakal diperkenalkan pada ajang GIIAS kali ini, buat industri otomotif.

“Kami menitikberatkan update kepada masyarakat, tentang kemajuan dunia otomotif di Indonesia. Mengkomunikasikan seperti apa industri otomotif kita,” ucap Nangoi saat media gathering GIIAS The Series 2023, di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (24/5/2023).

Baca Juga:
Tren Captain Seat Dorong Kia Rilis Carens 6-Seaters

Oleh karena itu, berkaca dari penyelenggaraan pameran itu tahun lalu, dimana 26 ribu unit kendaraan berhasil terjual selama 10 hari pameran. “(Bagi Gaikindo) kalau target (GIIAS tahun ini) tercapai sama, ya bagus. Tapi kalau tidak tercapai, ya tidak perlu kami ributkan,” ungkapnya.

Sementara diutarakan Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran Gaikindo, Rizwan Alamsjah, bahwasanya peserta pameran tentunya tetap melihat target. Pasalnya, kebiasaan dalam pameran terjadi transaksi penjualan.

“Tahun lalu nilai transaksi sebesar Rp11,7 Triliun, diperkirakan tahun ini kurang lebih sama. Tapi kita ikut saja apa yang terjadi selama pameran nanti. Target pengunjung iya kami (Gaikindo) ada, tapi kalau target penjualan tidak ada,” imbuh Rizwan di lokasi yang sama. 

Sejauh ini, pada pameran GIIAS di BSD City nanti, sudah 31 merek mobil dan 14 merek motor mendaftarkan diri sebagai peserta. Itulah sebabnya akan dibagi dalam dua hari press day. Yaitu di hari pertama, pembukaan untuk kendaraan roda empat, kemudian pada hari kedua pembukaan untuk kendaraan roda dua.

Baca Juga:
Maaf FCFS, Mazda BSD City Tak Berlakukan Konsumen Prioritas

“Karena banyaknya jumlah peserta, supaya efektif kami bagi jadi dua hari press day. Pada hari pertama untuk peserta mobil, dan hari kedua untuk peserta motor,” terang Nangoi. 

Di samping puluhan merek mobil dan motor, yang kembali ikut meramaikan pameran otomotif ini. Astra Financial bersama sejumlah merek yang notabene bagian dari keluarga besarnya juga turut hadir. Perusahaan finansial tersebut berperan lagi sebagai platinum sponsor, pada ajang pameran Gaikindo tahun ini. 


(uda)