Tokoh dan Otomotif

Sekelumit Kisah Eril Putra Kang Emil, Pernah Sewakan Karmann Ghia

VW Karmann Ghia ini punya ikatan emosional kuat dengan Eril, putra sulung Kang Emil. IG Emmerilkhan
VW Karmann Ghia ini punya ikatan emosional kuat dengan Eril, putra sulung Kang Emil. IG Emmerilkhan

Autogear.id – Warga negara Indonesia, khususnya masyarakat Jawa Barat ikut berduka cita mendalam. Ketika jasad Emmeril Kahn Mumtadz yang akrab disapa Eril, putra dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil akhirnya ditemukan. Setelah kurang lebih dua pekan Eril hilang, lantaran hanyut sewaktu sedang berenang di Sungai Aare, Bern, Swiss (26/05/2022).

Pihak otoritas Swiss dan Duta Besar RI untuk Swiss Muliaman Hadad mengumumkan, jenazah Eril ditemukan dalam kondisi tersangkut di Bendungan Engehalde, Swiss, pada Rabu (8/6/2022) waktu setempat.

Sosok Emmiril Khan Mumtadz, putra sulung Ridwan Kamil memang terkesan jauh dari hingar-bingar selebritas layaknya kebanyakan putra pejabat di Indonesia. Putra Sulung Kang Emil, atau Kang RK, sapaan akrab Ridwan Kamil tersebut sebelumnya berada di Swiss terkait melanjutkan studi ke jenjang S2.

Adapun sosok Almarhum sendiri bila diintip dari unggahan foto dan video pada akun media sosial Instagramnya sepertinya sempat bersinggungan erat dengan ranah otomotif. Pasalnya, pada IG @emmerilkahn 7 Juni 2019, jauh sebelum dia melanjutkan studi S2 di Swiss, Eril pernah menyewakan Volkswagen (VW) Karmann Ghia type 14 Convertible.

Baca Juga:
Tarif Candi Borobudur Jadi Polemik, Mobil Listrik Ini Malah Hadir di Sana

Untuk diketahui, VW Karmann Ghia adalah salah satu mobil yang hadir, sewaktu perekonomian di Jerman mulai bangkit usai berlangsungnya perang dunia kedua. Menurut data yang ada, mobil tersebut mulai diproduksi di Jerman sekitar 1950-an hingga 1970-an, dengan tampilan klasik namun elegan.

Kala itu, bisa dikatakan Karmann Ghia masuk kategori mobil sport. Karena tampilannya jauh berbeda dengan VW Beetle maupun VW Kodok. Mobil sport klasik ini pada saat itu hadir dalam model Coupe dan Convertible.

Banyak yang mengatakan, desainnya yang sukses membuat Karmann Ghia unggul dan memiliki daya tarik tersendiri pada 1950-an, di tengah popularitas Beetle waktu itu. Dari sisi dapur pacu, Karmann Ghia membenamkan mesin 1.200 cc yang mirip dengan Beetle. Tapi faktanya, pabrikan juga menawarkan Karmann Ghia dalam beberapa pilihan mesin, yakni 1.300 cc, 1.500 cc, dan 1.600 cc.

Selamat jalan Emmeril Kahn Mumtaz...


(uda)