Mobil Baru

Insinyur dan Desainer Hyundai Bangun Kembali Pony Coupe 1974

Hyundai Motor Company merayakan restorasi mobil konsep Pony Coupe pada penyelenggaraan perdana Hyundai Reunion, di Villa Pliniana yang bersejarah di Danau Como, Italia. HMID
Hyundai Motor Company merayakan restorasi mobil konsep Pony Coupe pada penyelenggaraan perdana Hyundai Reunion, di Villa Pliniana yang bersejarah di Danau Como, Italia. HMID

Autogear.id – Hyundai Motor Company merayakan restorasi mobil konsep Pony Coupe pada penyelenggaraan perdana Hyundai Reunion, di Villa Pliniana yang bersejarah di Danau Como, Italia.  Acara ini mempertemukan para insinyur dan desainer merek tersebut dari berbagai era, untuk merayakan restorasi yang dicanangkan untuk mobil konsep 1974, yang menjadi cikal bakal penciptaan lini Pony. 

Adapun Pony adalah model mobil pertama yang dikembangkan secara independen dan diproduksi secara massal di Korea. Untuk membangun kembali mobil konsep Pony Coupe 1974, perusahaan mobil ini berkolaborasi dengan firma desain Italia, GFG Style. Khususnya dengan para pendiri GFG Style, yakni duo ayah-anak Giorgetto dan Fabrizio Giugiaro. 

Menariknya, mobil konsep yang berpengaruh ini pertama kali diciptakan Giorgetto muda untuk debut pabrikan asal Korea ini di Turin Motor Show 1974. Pada acara ini, juga ditampilkan mobil konsep N Vision 74 yang terinspirasi dari mobil konsep Pony Coupe. Keduanya mewakili sejarah dan masa depan perusahaan yang dikaitkan oleh garis keturunan yang sama. Mengilustrasikan kelanjutan ambisi perusahaan untuk terus berani berinovasi.
 
“Meski situasi industri di era 1970-an begitu buruk, kakek saya dan pendiri Hyundai, Ju-young Chung, mencurahkan hati dan jiwa mereka. Membangun kembali ekonomi Korea, dan tingkatkan taraf hidup masyarakat, usai kehancuran pasca perang Korea,” urai Executive Chair Hyundai Motor Group, Euisun Chung.

Baca Juga:
Tren Captain Seat Dorong Kia Rilis Carens 6-Seaters

Dia pun akhirnya mewujudkan visi, menjadikan Korea sebagai negara yang mampu mengembangkan kendaraannya sendiri dengan sempurna. Sebagai wadah meneruskan warisan brand, Hyundai Reunion pertemukan para insinyur dan desainer yang terlibat pada penciptaan N Vision 74 dan konsep orisinal dari Pony Coupe.

Perayaan ini juga turut dimeriahkan dengan kehadiran Giorgetto dan Giugiaro serta mantan Presiden Hyundai Motor, Chung Goo Lee. “Ke depan, melalui Hyundai Reunion dan inisiatif serupa lainnya, kami akan terus menjadikan sejarah kami sebagai ciri khas yang mengarahkan kami dalam menciptakan inovasi untuk masa depan,” terang Presiden dan CEO Hyundai Motor Company, Jaehoon Chang.
 
Dikatakan konsep orisinal dari Pony Coupe diperkenalkan pada Turin Motor Show 1974. Eksterior mobil sport dua pintu ini sajikan semangat, dengan garis atap ramping, permukaan tanpa cela, proporsi yang dinamis, dan keunikan bentuk pilar B. Lalu interiornya memamerkan sensibilitas ikonis, dengan desain monocoque dari Giugiaro, serta konsep arsitektur terapung yang berpusat pada pengemudi.
 
Mobil  konsep Pony Coupe 1974 menjadi terobosan tersendiri pada masanya, berkat sensibilitasnya yang unik dan estetis. Sayang buruknya kondisi ekonomi global pada akhir 1970-an, menjadikan mobil sport sensasional pertama Hyundai ini urung diproduksi secara komersial dan hilang dari sejarah. 


(uda)