Ducati Multistrada V4 Rally Terbaru, Tawarkan Menjelajah Tanpa Batas

Ducati Multistrada V4 Rally Terbaru, Tawarkan Menjelajah Tanpa Batas
Ducati Multistrada V4 Rally Terbaru, Tawarkan Menjelajah Tanpa Batas

Autogear.id – Multistrada V4 Rally diperkenalkan oleh pabrikan Borgo Panigale. Semakin cocok untuk petualangan keliling dunia.

Versi terbaru ini merupakan hasil pengembangan bertahun-tahun dari line-up Multistrada V4, model yang pertama kali dipasangkan mesin V4 berteknologi MotoGP.

Poros engkolnya berputar berlawanan arah, serta sistem radar seperti Adaptive Cruise Control, dan Blind Spot Detection.

Corak baru Multistrada V4 Rally, dengan warna Jade Green (hijau giok) dan roda emas, serta Ducati Red dengan tangki bahan bakar bertekstur, membuatnya bisa langsung dikenali.

Tampilan khas ini semakin menonjolkan fitur teknis. Kenyamanan touring jarak jauh, berkat tangki bahan bakar 30 liter, dan kemampuan off-road.

Suspensi dengan jarak pergerakan lebih panjang, pelindung mesin diperkuat, dan velg roda jari-jari. Fitur-fitur ini dilengkapi sasis dan solusi elektronik baru, tingkatkan fleksibilitas, keamanan, dan performa motor. Sistem Forward Collision Warning deteksi potensi tabrakan dari depan.

Perangkat Automatic Lowering Device yang baru dapat menurunkan motor agar pengendara lebih mudah menapak ke tanah.

embed

Motor secara cepat dan otomatis ‘menurun’ saat kecepatan di bawah 10 km/jam. Ketika melebihi 50 km/jam di jalan raya, atau 20 km/jam di jalan tanah berbatu, otomatis kembali ke ketinggian normal. Beroperasi secara otomatis atau dapat dinonaktifkan pengendara.

Teknologi canggih untuk Sistem Rem Elektronik Terpadu ABS, dan suspensi semi-aktif Adaptive Ducati Skyhook Suspension EVO. Seperti seluruh line-up Multistrada V4, Rally menawarkan performa unggul (170 hp).

Nyaman di Segala Jenis Medan Jalan

Pada Multistrada V4 Rally model 2026, suspensi semi-aktif dengan jarak pergerakannya yang panjang (200mm) dikelola Adaptive DSS (Ducati Skyhook Suspension) EVO yang telah dikembangkan.

Sistem Adaptive DSS EVO mampu memahami karakteristik rute yang dilalui dan gaya berkendara pengendara pada setiap momen.

Menyesuaikan penyetelan sistem hidrolik pada suspensi, untuk memastikan kontrol atau kenyamanan optimal di semua kondisi.

Hadirnya algoritma DVO (Ducati Vehicle Observer), Multistrada V4 Rally juga dilengkapi dengan sistem kontrol elektronik, yang dapat beroperasi dengan presisi yang lebih tinggi.

Fitur ini memperkirakan dimensi motor di ruang dan bobot totalnya lebih akurat, mensimulasikan masukan dari 70 sensor, melengkapi data yang disediakan platform inersia.

Ducati Vehicle Observer, yang dikembangkan oleh Ducati Corse di MotoGP, menyempurnakan strategi ABS Cornering dan Ducati Wheelie Control (DWC). 

embed

Lebih lanjut, sistem Electronic Combined Braking, yang dapat dinonaktifkan dan dilengkapi dengan strategi serta fungsi yang ditingkatkan berkat DVO.

Mengatur fungsi pada rem depan dan belakang untuk selalu memastikan kinerja optimal, yang sekarang juga didasarkan pada beban muatan.

Selain penerapan rem depan-belakang, yang mengontrol rem belakang bahkan saat hanya tuas rem depan yang dioperasikan.

Multistrada V4 Rally 2026 kini dilengkapi pengaturan rem belakang-depan, yang juga mengaktifkan rem depan saat hanya tuas rem belakang yang dioperasikan.

Keamanan dan Teknologi

Pada Multistrada V4 Rally 2026, sistem radar yang diperkenalkan pada model V4 2021 pertama, dilengkapi fungsi Forward Collision Warning atau Peringatan Tabrakan Depan (FCW).

Menawarkan pengendara visibilitas lebih baik saat berkendara di malam hari, berkat Ducati Cornering Lights dan kluster lampu depan yang lebih efektif.

Selain itu, fitur baru Coming Home memungkinkan lampu depan rendah tetap menyala selama beberapa detik, setelah mesin dimatikan.

Ducati Brake Light atau Lampu Rem Ducati, yang mengaktifkan kedipan berfrekuensi tinggi pada lampu rem belakang saat deselerasi tajam.

embed

Motor ini lebih mudah dikendalikan saat bermanuver dari posisi diam, dan pada kecepatan rendah, berkat pengenalan Automatic Lowering Device.

Layar TFT warna 6,5 inci telah diperbarui di bagian antarmuka pengguna, menawarkan kontrol suspensi lebih efisien dan serbaguna.

Mesin dan Sasis

Mesin kapasitas 1.158cc menghasilkan tenaga 170 hp (125 kW) pada 10.750 rpm dan torsi 121 Nm (12,3 kgm) pada 8.750 rpm, dengan kurva torsi yang sangat linear untuk memastikan respons yang halus dan progresif pada semua putaran mesin.

Kinerja mesin ini, dikombinasikan berat total hanya 66,7 kg, memungkinkannya mempertahankan posisi sebagai tolak ukur dalam kategori daya dan keringanan.

Pada Multistrada V4 Rally, mesin didukung sistem Ducati Quick Shift (DQS) 2.0 yang baru. Tuas perpindahan gigi tanpa mikroswitch, memberikan pengendara sensasi lebih langsung dengan perjalanan lebih pendek.

Sasis tetap mempertahankan rangka monokok aluminium ringan dan ringkas. Lengan ayun aluminium cor ganda yang dipasang pada poros pivot, dipindahkan ke posisi lebih tinggi.

Tiga Level trim yang berbeda

Ducati Multistrada V4 Rally tersedia dalam tiga trim: Radar, dilengkapi Adaptive Cruise Control, Blind Spot Detection, dan Forward Collision Warning.

Lalu Adventure Travel & Radar, menambahkan tas samping aluminium, serta jok pengendara dan penumpang dapat dipanaskan.

Serta Full Adventure, melengkapi paket ini dengan knalpot Akrapovic legal untuk jalan raya dan pelindung lumpur depan berbahan serat karbon.


(uda)