Mobil Baru

Usai All-New Agya, All-New Daihatsu Ayla Ikut Nongol Hari ini!

Daihatsu ikut perkenalkan All-New Ayla menyusul diperkenalkannya All-New Agya dua hari sebelumnya. AG-Uda
Daihatsu ikut perkenalkan All-New Ayla menyusul diperkenalkannya All-New Agya dua hari sebelumnya. AG-Uda

Autogear.id - Menyusul diperkenalkannya All-New Toyota Agya pada Senin (13/2/2023) kemarin, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) juga tak ingin kalah. Hari ini Rabu (15/2/2023) mereka memboyong perkenalan All-New Ayla di Plataran, Senayan-Jakarta Pusat. Konsepnya pun sama, lantaran Daihatsu juga tak membolehkan mobil tersebut untuk dibuka pintunya dengan kaca film yang sangat pekat.

Seperti halnya yang dilakukan Toyota, Daihatsu juga memberikan bocoran gambar bagian interior atau kabin dengan gamblang melalui presentasi produk sebelum mobil itu dibuka selubungnya. Demikian juga dengan segmen yang disasar, masih berada di low cost green car seperti saudara kembarnya itu.

Menurut Presiden DIrektur PT ADM, Yasushi Kyoda, bahwa All-New Agya 2023 ini punya pembaharian yang cukup signifikan. Bukan hanya dari sisi tampilan, namun juga dari sisi platform dan mesinnya. Dikatakan dalam keterangan resminya bahwa Daihatsu telah membekali mobil ini dengan Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

"Kami tahu, mobil ini punya segmen tersendiri dan 75 persen dihuni oleh first buyer. Sehingga penting untuk membuat kendaraan yang fiturnya akan sangat terpakai untuk mereka yang first buyer itu. Kemudian juga tak lepas juga dari sisi kita harus memberikan update yang terbaik dan pastinya harga yang benar-benar masuk dalam lingkup mereka," ujar Kyoda San.

Baca Juga:
Hewan Liar Merusak Kendaraan, Bisa Klaim Asuransi Ga Sih?

Ia menambahkan bahwa mobil ini memnag hanya dijual oleh Daihatsu untuk pasar Indonesia. Lantaran di Jepang sendiri, mereka tak memasarkannya. Itu karena ada penyesuaian yang dilakukan oleh pabrikan untuk pasar otomotif Indonesia. Mengingat mayoritas orang Indonesia punya keinginan untuk kepemilikan kendaraan yang canggih namun dengan harga yang lebih kompetitif.

Mobil ini sudah hadir sejak 10 tahun lalu dan baru tahun ini dilakukan penyegaran dengan upgrade yang sangat signifikan. Tentu bukan hal mudah dari sisi riset untuk mewujudkan keinginan konsumen itu. Ditambahkan oleh Executive Chief Engineering Daihatsu Motor Company, Toshihiro Nakaho, bahwa Ayla menggunakan mesin WA-VE 1.200 cc dengan peningkatan akselerasi 15 persen dan konsumsi bahan bakar 10 persen lebih baik dari sebelumnya. 

Artinya ini menjadi salah satu hal penting untuk mereka komunikasikan saat nanti resmi diluncurkan. Tenaga dan torsi mesin pun disalurkan ke kedua roda depan via sistem transmisi D-CVT. Hal ini membuat pengguna akan lebih dimanjakan untuk sisi performa. Sementara fitur, sepertinya tidak akan jauh berbeda dengan yang dimiliki oleh Agya. 


(uda)