Hino Bus RM 280 ABS Perkuat Bintang Zahira Libas Rute Menantang di Sulsel

Hino Bus RM 280 ABS perkuat PO Bintang Zahira melibas rute menantang di Sulsel - HMSI
Hino Bus RM 280 ABS perkuat PO Bintang Zahira melibas rute menantang di Sulsel - HMSI

Autogear.id – PT. Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) bersama dengan PT Kumala Motor Sejahtera (KMS), dealer resmi Hino untuk wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) melakukan serah terima 2 (dua) unit Hino Bus RM 280 ABS, kepada PO Bintang Zahira Trans.

Serah terima dilakukan COO-Director HMSI Santiko Wardoyo, didampingi Direktur Utama Kumala Grup, Erick Tandiawan. Diserahkan kepada Direktur PO Bintang Zahira Trans, Nirwana, dan  Direktur Operasional, Rahmat.

Armada terbaru dari PO ini akan melayani transportasi dari Makassar ke Malili, dengan kelas super executive. Dimana terdapat 9 (sembilan) kursi single dan 16 kursi double, yang sudah dilengkapi legrest untuk kenyamanan perjalanan jauh.

Satu unit bus hadir dengan warna dasar biru, dan unit lain menggunakan warna dasar merah hati. Pada keduanya turut disematkan grafis livery yang terlihat modern. Sehingga menambah daya tarik siapapun yang melihatnya di jalan.

Hino RM 280 ABS Euro4 milik PO tersebut menggunakan bodi Skylander R22 garapan karoseri New Armada. Memiliki keunggulan utama menggunakan Wide Air Suspension, pendongkrak stabilitas kendaraan untuk kenyamanan penumpang.

Dikatakan Santiko, PO Bus di Sulsel rata-rata butuh mesin bertenaga, dan sasis yang kokoh. Karena harus melewati medan jalan yang lebih menantang. “Unit ini hadir dengan mesin bertenaga, ditambah lagi sistem Air Suspension penambah kenyamanan. Sangat diutamakan para pengusaha bus, demi kenyamanan di perjalanan,” katanya.

Dua bus ini ditopang sasis Space Frame, ciptakan desain bagasi tembus, berkapasitas ±9.000 liter. Tampungan ruang bagasi lebih banyak, bahkan muat untuk sepeda motor. Selain itu, semua line up Hino bus besar gunakan 10 baut roda sistem iso. Lebih kuat untuk menahan beban, serta mudah perawatan.

Sektor pengereman, diperkuat Auto Slack Adjuster. Perangkat mekanis yang dirancang untuk mempertahankan jarak standar, antara kampas rem dan tromol. Bikin pengemudi tak akan menginjak pedal rem terlalu dalam, dan tak perlu mengatur secara manual lagi.

Unit kendaraan ini turut dilengkapi Hino Connect, layanan telematik yang bisa memonitor operasional kendaraan. Di dalamnya terdapat Route Analyze dan Geo Fence, untuk efisiensi biaya, melalui penentuan area operasional dan analisa rute armada.

Keuntungan lainnya, membantu bisnis pelanggan lebih baik, terkait kemudahan manajemen pengemudi. Telematik ini punya fitur Driver Assignment dan Score Card pengemudi, yang dapat melihat perilaku pengemudi dalam berkendara. Menurunkan risiko kecelakaan, dan melindungi aset pelanggan.

“Tidak hanya kualitas bus, kami turut berkomitmen memberi layanan purna jual terbaik buat para pelanggan, khususnya di Sulsel. Kami paham, uptime bus sangat penting bagi bisnis pelanggan,” jelas Santiko.

Karenanya, HMSI memastikan pelanggan akan mendapat pelayanan cepat. Lewat 8 (delapan) jaringan Hino yang siap melakukan servis dan penyediaan suku cadang. Cakupannya area Makassar, Pare-Pare, Gowa, Sidrap, Palopo, Veteran, Bone hingga Bulukumba.


(uda)