Mitsubishi Periksa Puluhan Ribu Unit L300 Terkait Kerusakan Connecting Rod

Mitsubishi Periksa Puluhan Ribu Unit L300 Terkait Kerusakan Connecting Rod
Mitsubishi Periksa Puluhan Ribu Unit L300 Terkait Kerusakan Connecting Rod

Autogear.id – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengumumkan kampanye pemeriksaan untuk model Mitsubishi L300, sebagai bagian dari layanan purna jual.

Hal ini juga wujud kepatuhan terhadap ketentuan yang diatur dalam peraturan perundang–undangan. Khususnya Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 33 Tahun 2018, tentang pengujian tipe kendaraan bermotor.

President Director PT MMKSI, Atsushi Kurita mengatakan, program kampanye pemeriksaan merupakan bentuk komitmen dan tanggung jawab Mitsubishi Motors di seluruh proses kepemilikan kendaraan.

Menjaga kualitas kendaraan secara berkesinambungan guna memastikan keamanan dan kenyamanan, serta menjamin layanan di periode purna jual bagi para pengguna di Indonesia.

“Kami undang konsumen Mitsubishi L300 dengan kendaraan terlibat, untuk dapat melakukan pemeriksaan kendaraannya dengan prosedur mudah dan tanpa biaya,” ungkapnya.

Kampanye pemeriksaan Mitsubishi L300 dilaksanakan terkait adanya temuan hasil investigasi dan pemeriksaan yang berpotensi terjadinya kerusakan komponen Connecting Rod (batang penghubung).

Potensi kerusakaan tersebut berada pada mesin Mitsubishi L300 yang diproduksi pada periode Juni 2022 – Januari 2024, dengan jumlah 30.823 unit.

Potensi kerusakan tadi berisiko sebabkan mesin mati mendadak, dan tidak dapat dihidupkan lagi. Kerusakan dipicu dua hal, yakni kinerja waterproof tidak memadai, pada bagian konektor di engine control harness.

Serta adanya kerusakan injector yang diakibatkan kontaminasi bahan bakar dan penggunaan saringan bahan bakar imitasi, atau non genuine, oleh pemilik kendaraan.

Prosedur Pelaksanaan Teknis Kampanye Pemeriksaan

Pada kampanye pemeriksaan ini, MMKSI melalui dealer resmi Mitsubishi Motors di Indonesia melakukan pemeriksaan/ inspeksi terhadap unit kendaraan terlibat.

Bila diperlukan, teknisi akan melakukan perbaikan dan penggantian komponen, yang berpotensi bermasalah dan dapat mengganggu kenyamanan. Seperti perbaikan konektor (Harness), atau penggantian Harness, Common Rail, dan Pipe.

Di samping itu, sebagai tambahan, teknisi dealer resmi Mitsubishi Motors juga akan melakukan penggantian item Fuel Filter secara gratis.

Adapun bentuk apresiasi terhadap konsumen Mitsubishi L300 yang terlibat, dan berpartisipasi pada pemeriksaan ini, MMKSI akan memberikan 10 fuel filter original gratis, yang akan didistribusikan sesuai jadwal perawatan berkala.

Peningkatan Kualitas Produksi Mitsubishi L300

Sebagai langkah lebih lanjut, agar konsumen tidak mengalami hal tersebut pada unit yang diproduksi setelah tahun kendaraan terlibat, MMKSI dan MMKI (PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia) selaku pabrik perakitan Mitsubishi Motors di Indonesia, telah berkoordinasi dan melakukan peningkatan dari sisi produksi.

Yaitu dengan mengganti kabel kontrol mesin, dengan tipe yang memiliki tingkat ketahanan terhadap air lebih tinggi, yang telah diterapkan sejak 1 Februari 2024.

Cara Berpartisipasi Pada Kampanye Pemeriksaan

1.     MMKSI akan mengirim surat undangan kepada konsumen melalui dealer, informasi lewat SMS dan Whatsapp, serta pengumuman informasi lewat website dan kanal resmi media sosial.

2.     Konsumen Mitsubishi L300 di Indonesia, dengan unit produksi periode  Juni 2022 – Januari 2024 dapat melakukan konfirmasi, bila kendaraannya termasuk dalam daftar terlibat. Caranya:

-Menghubungi dealer resmi Mitsubishi Motors terdekat dengan lokasinya.

-Menghubungi Mitsubishi Motors Customer Care di 0804–1–300–300.

-Menghubungi MIRA (Mitsubishi Virtual Assistance) melalui WhatsApp di 0811–1301–1300 maupun aplikasi My Mitsubishi Motors.

3.     Melakukan booking/penjadwalan aktivitas kampanye pemeriksaan di dealer resmi, yang telah dimulai sejak 6 Agustus 2025.

4.     Melaksanakan pemeriksaan kendaraan di dealer resmi, sesuai jadwal yang telah dibuat pada kontak/komunikasi sebelumnya.

5.     Kendaraan terlibat diperiksa dan dilakukan perbaikan/penggantian komponen terkait, sesuai hasil pemeriksaan, secara gratis dan bebas biaya.

6.     Estimasi durasi pemeriksaan, termasuk perbaikan atau penggantian komponen, sekitar satu hingga empat jam, tergantung situasi dan kondisi.


(uda)