Pameran Kendaraan Listrik

Gelaran PKBLBB 2022 di Bali Hadirkan Edukasi dan Sosialisasi Kendaraan Elektrifikasi

Pameran Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (PKBLBB) 2022 berlangsung, diikuti oleh beberapa merek dengan produk Electric Vehicle. PKBLBB
Pameran Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (PKBLBB) 2022 berlangsung, diikuti oleh beberapa merek dengan produk Electric Vehicle. PKBLBB

Autogear.id - Pameran Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (PKBLBB) 2022 berlangsung, diikuti oleh beberapa merek dengan produk Electric Vehicle. Di tengah-tengah keriuhan berlangsungnya Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Pulau Dewata, Bali.
 
Ajang PKBLBB 2022 yang diselenggarakan di Art Bali, Bali Collection, Nusa Dua, Bali (11-16/11/2022) merupakan salah satu langkah awal yang diterapkan sejumlah pihak, menuju era elektrifikasi di Indonesia. Melibatkan sekitar 28 eksibitor, yang terdiri dari motor listrik, mobil listrik, bus listrik, truk listrik, kendaraan konversi serta komponen pendukung kendaraan listrik berbasis baterai.
 
Mereka adalah Astra Honda Motor (AHM), Bluebird, Braja, DFSK, Elders, Energica, Fuso, Grab Indonesia, Honda, Isuzu, Lexus, Mobil Anak Bangsa (MAB), Mitsubishi, Nissan, NIU, Optima Integra Tehnika, Percik, Periklindo, PLN, SAG, Selis, Sinarmas, United Bike, Uwinfly, Viar, Volta, serta Zero Motorcycle.
 
Sejumlah partisipan ofisial KTT G20 juga membuka booth di acara PKBLBB 2022. Sebut saja di antaranya adalah motor listrik Alva, Hyundai, Toyota, dan Wuling. Direktur Sarana Transportasi Jalan Dirjen Hubdar Kemenhub RI, Danto Restyawan mengatakan, dengan adanya kendaraan listrik diharapkan dapat mengurangi berbagai polusi yang terjadi di Tanah Air.

Baca Juga:
Tak Puas Menangi Race 1, Veda Genapkan Kemenangan di Mandalika

 
“Selain itu, data terakhir juga menunjukkan, sekitar Rp600 triliun selama ini telah digunakan Pemerintah untuk mensubsidi bahan bakar minyak (BBM). Yang sebenarnya jumlah tersebut dapat digunakan untuk hal lain, seperti transisi energi. Hal ini pula yang mendorong Pemerintah, melakukan edukasi dan sosialisasi, supaya masyarakat dapat beralih kepada kendaraan listrik,” ucapnya.
 
Setiap harinya, di samping pelaksanaan pameran, PKBLBB 2022 juga menggelar aneka kegiatan pendukung. Mulai dari seminar dan talkshow, yang diisi oleh sejumlah perwakilan instansi pemerintahan, serta para pakar di bidang transportasi.
 
Kemudian selama pameran berlangsung, juga dibuka sesi test ride roda dua dan test drive roda 4, student dan community showcase serta entertainment. Acara PKBLBB 2022 turut dihadiri pelaku industri kendaraan listrik, instansi yang terkait dan secara terbuka dapat dihadiri oleh delegasi dari negara-negara peserta KTT G20.
 
Setiap hari dibuka gratis untuk umum, pameran PKBLBB 2022 berlangsung mulai pukul 10.00 - 21.00 WITA. Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai ketentuan yang berlaku.


(uda)