Peristiwa Unik

Kocak, Motor Ngegas Sendiri Ternyata Ini Biang Keroknya!

Throttle body keptutup uang kertas jadi penyebab mesin motor ini ngadat tiba-tiba. YYM
Throttle body keptutup uang kertas jadi penyebab mesin motor ini ngadat tiba-tiba. YYM

Autogear.id - Bagi pemilik motor, pastinya sempat merasakan yang namanya kendala atau kerusakan pada motornya itu. Apakah itu kerusakan ringan maupun berat. Mulai dari sekadar ganti busi hingga turun mesin. Menariknya, ternyata ada kerusakan motor yang disebabkan faktor di luar nalar. Seperti kerusakan motor yang ditemukan seorang mekanik, di salah satu bengkel pemilik saluran YouTube Yunus Motor.

Pada video yang diunggahnya beberapa waktu lalu, ia membagikan ceritanya sambil menuliskan, "15 tahun bengkel, ini kasus yang paling konyol". Lantaran ketika sebuah motor Honda Verza dibawa ke bengkelnya. Sang pemilik mengeluhkan tuas gas tak berfungsi normal. Motor tiba-tiba bisa ngegas sendiri, padahal tuas gas tidak dibesut penggunanya.

Akhirnya satu persatu bagian bodi, jok dan komponen motor dipreteli, dibongkar untuk dicari penyebab kerusakan tersebut. Diakui si mekanik, setelah dilakukan pemeriksaan semuanya, kiranya terdapat benda asing menyumpal di dalam throttle bodi. "Jadi ada benda menyumpal di dalam throttle bodi," katanya.

Tanpa menunggu waktu lama, dia bongkar bagian throttle bodi. Membuatnya terkejut, ternyata di bagian dalam throttle bodi terselip uang kertas Rp100 ribu. Langsung dia keluarkan benda yang tidak semestinya terdapat di dalam komponen motor itu. Kemudian ia perlihatkan ke arah kamera. "Ini dia penyebab gas besar sendiri tadi," katanya.

Baca Juga:
Kondisi Trek Tak Menentu, Alex Marquez Tercepat di Kualifikasi

Heran, bisa-bisanya uang menyelusup masuk ke dalam throttle bodi? Dipertanyakanlah hal itu ke si empunya motor. Tetapi si pemilik motor tidak memberi jawaban jelas. "Senyum-senyum saja, mungkin biar tidak ketahuan istrinya," katanya.

Mekanik ini menduga barang masuk dari salah satu komponen di bawah jok motor. Karena tidak memiliki filter, jadi sejumlah barang yang ada di balik jok motor berisiko terhisap. "Masuk dan nyelip di sini," katanya. Ia pun menyarankan, pemilik motor hendaknya tidak asal menaruh barang di bawah jok. Terlebih kalau bagian tersebut tidak dilengkapi filter.

Pasalnya, kalau sampai masuk ke mesin motor, sangat berbahaya dan biaya perbaikannya bisa tinggi. Solusinya bongkar mesin, dan mengeluarkan biang kerok dari komponen motor yang terganggu. Setelah itu si mekanik kembali memasang komponen-komponen yang dibongkar, ke posisi semula. Motor pun dihidupkan, tuas gas coba ditarik dan mesin motor kembali normal.

Video yang telah ditonton lebih dari 47 ribu kali ini memperoleh berbagai komentar kocak netizen. "Saya dulu pernah beli motor yamaha crypton kondisi dongkrok bertahun-tahun seharga 1,350 jt.. Pas mau di restorasi ternyata di pipa sasis belakang ada buntelan kain isinya duit mika 100rb an masing2 15 lembar," tulis Kafka Bahtiar.

Baca Juga:
Tenaga dan Torsi Meningkat, Civic Type R Terbaru Cocok jadi Pure Sport?

"Biar ga ketauan istri ternyata malah buat bayar bengkel," jelas Kasdi riri.  "Selama Saya nonton youtube, baru kali ini dapat konteng yang membagongkan, pasti sdh terjadi keributan "Mana duit saya yang 100 ribuan," ungkap Tri R Bone


(uda)