MotoGP Argentina 2023

Kondisi Trek Tak Menentu, Alex Marquez Tercepat di Kualifikasi

Motor Alex Marquez yang sempat terbakar di sesi kualifikasi 1, justru penyemangat baginya untuk meraih posisi start pertama di sesi kualifikasi. Red Bull CP
Motor Alex Marquez yang sempat terbakar di sesi kualifikasi 1, justru penyemangat baginya untuk meraih posisi start pertama di sesi kualifikasi. Red Bull CP

Autogear.id - Kondisi cuaca di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina di momentum sesi kualifikasi MotoGP pada Sabtu (1/4/2023), terlihat tak menentu di mana perubahan cuaca dari kering ke kondisi lembab karena gerimis. Namun tak berselang lama kondisi kembali membaik dan membuat para pembalap bisa menggunakan ban tipe slick di sesi kualifikasi.

Kondisi ini membuat beberapa pembalap sanggup memanfaatkannya dengan strategi apik. Mulai dari penggunaan ban intermediate hingga kembali menggunakan ban tipe slick atau ban untuk kondisi trek kering. Termasuk Alex Marquez yang sanggup memanfaatkan kondisi ini dengan penggunaan ban slick di akhir sesi kualifikasi. 

Upaya Alex sebenarnya terlihat hampir pupus ketika mesin motornya mengalami overheat dan terbakar di sesi Q1, namun kondisi itu berhasil diatasi sehingga Ia sanggup menembus waktu tercepat dan akhirnya lolos ke kualifikasi kedua. Meski Ia tak masuk dalam pembalap yang langsung menuju ke Q2 dari kurasi sesi latihan 1 dan 2, namun perhitungannya terlihat sangat mantap di sesi kualifikasi.

Baca Juga:
Punya BMW Klasik? BMW Indonesia Siapkan Bengkel Khususnya

Bukan hanya Ia pembalap tim satelit Ducati yang sanggup memanfaatkan momentum ini dengan sangat baik, Marco Bezzecchi yang di seri pertama MotoGP Portugal sanggup bertengger di posisi podium ketiga, pun melakukan hal yang bagus. Ia meraih posisi start kedua dan bakal bertarung alot dengan Alex untuk posisi pertama pada sesi balapan. 

Sementara pembalap utama tim Ducati Corse yaitu Francesco Bagnaia, kali ini mengamankan posisi start di urutan ketiga. Meski demikian, Ia tetap masih tetap jadi jagoan utama untuk meraih kemenangan di MotoGP Argentina 2023.

Hasil Kualifikasi MotoGP Argentina 2023:
1. Alex Marquez, SPA, Gresini Racing, 1 menit 43,881 detik
2. Marco Bezzecchi, ITA, VR46 Ducati, +0,172 detik
3. Francesco Bagnaia, ITA, Ducati Corse, +0,858 detik  


(uda)