Motor Baru

Gendong Mesin Sama yaitu 125cc, Mending Fazzio atau Grand Filano?

Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected diklaim punya keistimewaan tersendiri meski mesinnya sama persis dengan mesin Fazzio. AG-Uda
Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected diklaim punya keistimewaan tersendiri meski mesinnya sama persis dengan mesin Fazzio. AG-Uda

Autogear.id - Setelah peluncuran Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected yang dilakukan hari ini Selasa (17/1/2023) di Saint Regis Hotel, Jakarta, banyak yang sontak menganggap lebih baik membeli Yamaha Fazzio Hybrid-Connected. Menigingat harganya lebih kompetitif dan memiliki teknologi mesin yang kurang lebih sama dengan Grand Filano terbaru itu.

Anggapan ini lahir lantaran kapasitas mesin yang sama dan dianggap hanya berbeda di gaya yang lebih eksklusif saja. Lalu mengapa Yamaha begitu percaya diri menjual motor ini? Padahal perbedaannya hanya ada di desain bodi motor dan bobot yang bertambah sekitar 5 kilogram. 

Menurut Presiden Direktur Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Dyonisius Beti menegaskan bahwa pihaknya memang sudah mempertimbangkan ragam hal sebelum meluncurkan motor ini. Termasuk penggunaan mesin dengan kapasitas 125cc. Mengingat ini bukan motor untuk segmen balapan dan sport, tentu mesin 125cc rasanya sudah lebih dari cukup.

"Motor ini adalah motor yang digunakan untuk segmen lifestyle dan lebih cocok buat mereka pecinta motor dengan gaya yang maksimal. Sehingga penggunaan mesin yang punya kapasitas lebih besar rasanya bukan hal yang krusial. Bukan untuk kebut-kebutan dan cepat-cepatan. Kami juga melihat bahwa mayoritas pengguna motor di segmen ini menggunakan motor memang untuk menunjukkan gaya hidupnya dan lebih mencintai gaya dalam berkendara," papar Dyonisius Beti.

Baca Juga:
Kenalin Nih Jagoan Baru Yamaha, Grand Filano Hybrid-Connected

Soal bobot yang lebih berat 5 kilogram, Dyonisius Beti menjelaskan bahwa meski ada perbedaan bobot yang cukup besar, namun perubahan rasio transmisi yang juga disesuaikan membuat feeling berkendara tak berkurang dari versi Fazzio. Bahkan, karena bentuk bodi yang lebih besar, membuat motor ini diklaim lebih stabil.

Selain melengkapi line up produk Classy Yamaha, kehadiran motor ini juga terinspirasi dari Fashion Trend Dunia, Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected menjadi pilihan fashion skuter matic berkelas dalam melengkapi gaya hidup modern pengendara sesuai tren masa kini. 

Teknologi Blue Core Hybrid memiliki dua sumber tenaga yang saling bersinergi, yaitu tenaga yang dihasilkan dari mesin serta tenaga yang berasal dari Electric Power Assist Start yang membuat akselerasi awal lebih bertenaga dan halus khususnya ketika melewati jalan menanjak atau membawa penumpang.

Selain menggunakan mesin Blue Core Hybrid 125cc, Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected disempurnakan oleh fitur canggih Yamaha Motorcycle Connect yang mendukung generasi masa kini untuk always on. Dengan teknologi Communication Control Unit (CCU), mampu menghubungkan sepeda motor dengan smartphone melalui aplikasi Y-Connect. 

Baca Juga:
Bukan Minicompo, Kenalin Nih Qingqi Motocompo

Fitur ini memudahkan pengendara untuk mendapatkan notifikasi telepon, pesan, lokasi parkir terakhir, rekomendasi perawatan oli dan aki, memonitor konsumsi bahan bakar, rincian berkendara dan notifikasi malfunction. Sehingga dapat mendukung kebutuhan gaya hidup pengendara masa kini untuk semakin berkelas.


(uda)