Motor Baru

Skuter Listrik Lambretta Elettra di EICMA Punya Keunikan, Apa Saja?

Lambretta luncurkan motor listrik di EICMA. LH
Lambretta luncurkan motor listrik di EICMA. LH

Autogear.id – Ekosistem kendaraan elektrifikasi bukan hanya dilakoni oleh pemain baru. Tidak sedikit produsen lawas ikutan merambah ranah elektrifikasi. Sebut saja salah satunya adalah merek papan atas asal Benua Biru, Lambretta.

Kendaraan roda dua merek Eropa ini memboyong skuter listrik konsep, pada ajang otomotif prestisius EICMA 2023, di Milan, Italia. Bahkan digadang-gadang, skuter listrik yang dilabeli nama Elettra itu siap diproduksi untuk dinikmati konsumen.

Mengutip dari laman Rideapart, secara tampilan Lambretta Elettra versi produksi rencananya dibikin sama dengan versi konsep yang dipamerkan di EICMA. Tujuannya tak lain agar mereka dapat memastikan konsumen memperoleh skuter listrik yang cocok dengan perkiraan.

Menilik lebih dalam terkait spesifikasinya, Lambretta Elettra dibekali motor penggerak permanent magnet synchronous motor (PMSM) 4 kW. Kemampuan dari motor penggerak ini, sanggup mengguyur tenaga sebesar 11 kW, atau boleh dibilang setara 15 hp, dengan torsi puncak 258 Nm.

Baca Juga:
SUV Legenda Pajero, Tentang Rivalitasnya dengan Fortuner

Kendati nama Lambretta di Indonesia acapkali menjadi bahan becandaan, identik dengan slow motion. Tetapi skuter listrik ini dapat melaju dengan kecepatan tertinggi, hingga 110 km/jam. Cukup ngebut untuk sekelas motor listrik.

Tunggangan setrum ini dilengkapi tiga mode berkendara, yakni Eco, Ride, dan Sport. Untuk radius jangkauan, Elettra dapat menyapu jarak 127 kilometer, hanya dalam sekali pengisian daya baterai penuh. Tetapi asumsi kecepatannya rata-rata hanya 40 km/jam.

Ketika lebih digeber dengan kecepatan rata-rata 80 km/jam, alhasil jarak tempuhnya bisa turun menjadi sekitar 60 kilometer. Di samping itu, kemampuan jelajahnya juga bisa dipengaruhi sejumlah faktor, misalnya saja kondisi angin dan kontur jalan yang dilewati.

Oh iya, untuk spesifikasi baterainya, Elettra menggunakan baterai lithium-ion dengan kapasitas 4,6 kWh, butuh waktu sekitar 5,5 jam untuk pengisian penuh, menggunakan daya sebesar 220 volt. Walaupun tersedia pula pilihan fast charging, mampu mengisi daya baterai dari 0-80 persen hanya dalam waktu 36 menit.

Bobot kosong dari skuter listrik ini seberat 135 kilogram. Adapun ketinggian jok 780 mm, untuk ukuran pengguna di kawasan Asia masih relative nyaman. Lini kaki-kakinya, tempelkan roda 12 inci dan suspensi trailing link tradisional ke bagian depan. Bagian buritan, terpasang satu peredam kejut terkoneksi ke lengan ayun.

Ada sedikit keunikan dari motor listrik ini, yakni seluruh bagian tuas remnya bisa masuk ke dalam setang. Keunikan lain, seluruh bodi belakangnya dapat diangkat, bikin gampang proses penggantian baterai dan perawatan motor penggerak.

Mengulik paparan resmi Lambretta di EICMA, seperti dilansir sejumlah media, Elettra dipersipakn untuk segera diproduksi massal. Sayang seribu sayang, belum ada informasi seputar harga dan kapan bisa dilihat di dealernya.


(uda)