Mobil Listrik

Masih Bimbang Beli Mobil Listrik? Nih Kata Pengguna Wuling Air ev!

Wuling Air ev punya banyak kelebihan yang diklaim bisa mempercepat penerimaan kendaraan listrik di Indonesia. WM
Wuling Air ev punya banyak kelebihan yang diklaim bisa mempercepat penerimaan kendaraan listrik di Indonesia. WM

Autogear.id - Banyak orang yang sebenarnya penasaran ingin memiliki kendaraan listrik namun masih ragu dan bimbang untuk membeli kendaraan listrik karena harga yang relatif mahal. Hal ini juga yang membuat Wuling Motors memberikan solusi dengan menghadirkan kendaraan listrik Wuling Air ev varian terbaru yang harganya berada di bawah Rp200 juta. Dengan jarak tempuh yang sama versi regularnya (200 km) namun banderol yang diberikan lebih terjangkau.

Lalu apa yang patut Anda pertimbangkan agar tak bimbang dalam membeli kendaraan listrik? Menurut beberapa pengguna mobil yang sudah terjual sebanyak 10 ribu unit di tahun pertamanya itu, banyak yang menganggap mampu mengubah mindset mobilitas harian terutama untuk kondisi lalu lintas perkotaan. Mulai dari kenyamanan, kepraktisan, kecanggihan bahkan kemudahan untuk digunakan. 

Salah satu pengguna mobil ini yaitu Gema Deo Fadli menuturkan bahwa beberapa hal yang membuatnya sangat girang memiliki kendaraan listrik terdapat beberapa hal. Di antaranya adalah soal kemudahan untuk pengisian baterai yang bisa dilakukan di rumah, hemat energi dan juga soal garansinya yang sangat panjang.

"Saya sudah menggunakan mobil ini sejak 10 bulan dan digunakan untuk rutinitas pekerjaan sehari-hari. Kemudahan pengisian baterai bisa dilakukan di rumah dan di SPKLU, kemudian lebih hemat karena lebih murah dari pada isi bensin. Lalu juga garansinya juga panjang, yaitu 8 tahun atau 120 ribu kilometer. Dan yang terakhir adalah kepraktisannya digunakan untuk mobilitas harian," ujar Deo.

Baca Juga:
Gelar HKDTC Bareng Korlantas, Hino Incar Izin Kursus Nyetir Upgrade SIM B2?

Lebih detail soal apa saja yang diberikan oleh merek berlogo lima berlian ini kepada konsumen mobil listriknya di Indonesia, terdapat beberapa hal penting. Dari beberapa penjelasan yang diberikan, mobil ini ternyata cukup terjangkau untuk kepemilikan dan biaya perawatannya. Cost of Ownership nya Rp 3,9 Jutaan hingga 100.000 km untuk biaya perawatan berkala. 

Kemudian fitur-fitur pendukungnya yang juga dilengkapi berbagai fasilitas seperti yang ada di mobil-mobil modern namun masih menggunakan mesin bakar alias mesin konvensional. Seperti Wuling Remote Control via IoV, Wuling Indonesian Command (WIND), Safety Protection (2 Airbags, ABS, EBD, ESC, EPB, AVH, ISOFIX, Sound Module for Pedestrian Warning, TPMS, Rear Parking Sensor & Camera, Immobilizer, Anti Theft Alarm).

Lalu di sisi kelistrikan, mobil ini sudah menggunakan battery lithium, Ferro-phosphate IP67 certified, Power: 30 kW, Torque: 110 Nm, RWD, Single Reduction Gear Transmission. 

Lantaran ini adalah mobil listrik, tentu mobil ini masuk dalam pengecualian kendaraan yang terbebas dari regulasi ganjil genap. Sehingga pemerintah pun dirasakan memberikan regulasi yang cukup untuk kendaraan yang lebih ramah lingkungan. Gimana, Enggak bimbang lagi kan?

Nih Daftar Harga Wuling Air ev 2023:
IDR 273,5 jutaan (Long Range)
IDR 222 jutaan (Standard Range)
IDR 188.900.000 (Lite)
*OTR Jakarta dan setelah insentif PPN


(uda)