Mobil Baru

Jelang 2023 Porsche Perbarui Perangkat Lunak di Taycan

Porsche Taycan bakal mendapatkan pembaruan di beberapa titik. PI
Porsche Taycan bakal mendapatkan pembaruan di beberapa titik. PI

Autogear.id – Terdata lebih dari 75.000 unit Taycan telah dikirimkan ke seluruh dunia, sejak Porsche memperkenalkan mobil sport all-electric pertamanya itu pada akhir tahun 2019. Saat ini, pembaruan komprehensif siap dilakukan. Terlepas dari usia kendaraan, mesin, dan bodi.

Semua model varian akan dibawa ke status model tahun 2023, dengan pembaruan sejumlah perangkat lunak. Pembaruan ini gratis untuk para pemilik Taycan yang diimpor resmi oleh Porsche Indonesia dan dapat dilakukan selama kunjungan ke bengkel servis Porsche.

Wakil Presiden Model Line Taycan, Kevin Giek mengatakan, kampanye ini akan memungkinkan pelanggan mendapatkan manfaat dari pengembangan Taycan secara berkelanjutan. Porsche menurutnya telah mengoptimalkan seri model secara ekstensif, di hampir semua aspek sejak 2019.

“Fungsi baru telah ditambahkan, beberapa hal lainnya telah direvisi atau disesuaikan lebih lanjut untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Setelah pembaruan ini, siapa pun yang mengendarai Taycan sejak awal produksi mobil akan terkejut dengan seberapa banyak perkembangan di sisi kendaraan sejak saat itu,” ucapnya.

Baca Juga:
Bakal Versi Terbaru Ignis Nongol di GIIAS? Ini Kata Suzuki

Terkait kampanye pembaruan Taycan ini, kata Kevin, secara internal, Porsche menyebutnya sebagai 'uPdate'. Karena model tahun 2023, yang rencananya bakal dimulai pada Juli 2022, akan memakai huruf 'P'.

Adapun sekilas mengenai poin penting pembaruan Taycan yaitu :
1. Powertrain
Dalam mode mengemudi 'Normal' dan 'Range', pada model all-wheel drive setelan operasi beban parsial, motor listrik depan hampir sepenuhnya terputus dan tidak diberi daya. Saat meluncur dan berhenti, kedua gandar bebas dari torsi penggerak.

Freewheel elektrik mengurangi kerugian gesekan dan meningkatkan jangkauan kendaraan. Indikator penggerak all-wheel drive sekarang ditampilkan sebagai indikator aliran daya di layar tengah. Ini membuat status pengoperasian drive saat ini lebih mudah dilihat.

Strategi pemulihan daya juga telah dioptimalkan. Pengaturan pemulihan otomatis, misalnya, dipertahankan bahkan ketika pengemudi mengubah program mengemudi. Menambahkan kenyamanan bagi pelanggan. Peningkatan ini relevan untuk model Taycan dari model tahun 2020 dan 2021, namun sudah standar di model terbaru.

Baca Juga:
Toyota EV Smart Mobility Project Rambah Danau Toba

2. Thermal Management
Pengkondisian baterai yang lebih baik, terutama pada suhu luar yang lebih rendah. Memungkinkan Taycan untuk diisi lebih cepat secara keseluruhan, dan pada rentang tingkat pengisian baterai (SoC) yang lebih luas. Limbah panas dari komponen listrik, misalnya, digunakan lebih dari sebelumnya untuk meredam baterai. Untuk model Taycan model tahun 2020 dan 2021, ini memungkinkan jangkauan yang lebih luas dan waktu pengisian yang lebih singkat.

3. Porsche Communication Management (PCM) dan Porsche Connect
Fungsi baru, layar awal dengan desain lebih berwarna dan kemudahan penggunaan yang lebih mudah adalah keunggulan model upgrade pada area ini. Untuk Taycan yang diproduksi pada tahun 2020 dan 2021, hingga pertengahan Februari 2022, pembaruan mengoptimalkan kontrol suara dan mengintegrasikan aplikasi Spotify. Android Auto tersedia secara nirkabel.

Stasiun pengisian dapat disaring dan dipilih dalam sistem navigasi berdasarkan kapasitas pengisian. Pengemudi model Taycan tahun 2021 dengan tampilan head-up dapat menantikan tampilan peta navigasi yang dioptimalkan, di antara elemen lainnya. Konten tampilan telah diperluas. Untuk semua model Taycan sebelum model tahun 2023, instruksi pengoperasian onboard sekarang juga dapat digunakan melalui kontrol suara.

4. Sistem Bantuan
Beberapa sistem sekarang dapat mendukung pengemudi dalam lebih banyak situasi. Sensor fungsi ParkAssist sekarang bekerja dengan jangkauan lebih luas. Pencarian tempat parkir yang tersedia juga telah ditingkatkan. Sehingga kini tempat yang lebih kecil ditawarkan kepada pengemudi sebagai pilihan area parkir. Peningkatan ini akan menguntungkan model Taycan dari model tahun 2020, 2021 dan 2022.

Baca Juga:
Kenalkan Cara Berkendara Aman ke Sekolah di Jawa Tengah

5. Membuka Fungsi Setelah Pembelian Kendaraan (FoD)
Semua model Taycan dari tahun 2020, 2021 dan 2022 sekarang juga memenuhi syarat, berdasarkan permintaan, untuk fungsi keyless (akses kenyamanan) untuk pintu dan bagasi. Opsi pembaruan perangkat lunak over-the-air (OTA) kini juga telah diperluas untuk model tahun terbaru.


(uda)