Komponen Otomotif

Kejutaaaaan...! Nih Dia Ban Khusus Drag Race dari Accelera!

Accelera luncurkan ban Sport Drag tepat di hari terakhir pelaksanaan The Elite Show 2023. AG-Uda
Accelera luncurkan ban Sport Drag tepat di hari terakhir pelaksanaan The Elite Show 2023. AG-Uda

Autogear.id - Ajang balap drag atau drag race yang biasanya dilakoni kendaraan roda empat di sirkuit, bisa dibilang tetap berjalan bahkan selama pandemi. Meski event yang berjalan tak begitu banyak, namun semua pagelaran balap lurus ini selalu ramai. Hal lantas membuat PT Elangperdana Tyre Industry meluncurkan Accelera 651 Sport Drag. 

Uniknya, peluncuran produk yang mereka lakukan dilaksanakan bersamaan dengan event The Elite Show 2023 di ICE BSD Tangerang pada Minggu (5/2/2023). Tentu ini menjadi kejutan tersendiri lantaran mereka meluncurkan ini di hari terakhir event kontes modifikasi mobil-mobil elit itu.

"Ban ini kami kembangkan bersama para pegiat balap drag pastinya. Tentu dengan ragam simulasi yang kami lakukan. Lantaran penggunaannya khusus untuk drag race, risetnya memakan waktu sekitar 1,5 tahun. Tapi hasilnya sangat memuaskan, lantaran catatan waktu setelah kami uji dan komparasi dengan merek lain, itu sangat kompetitif," papar Riset & Development PT Elangperdana Tyre Industry, Koko Jatmiko, S.T di momentum peluncuran ban ini. 

Khusus ban di kategori balap ini, fungsinya menyalurkan daya yang besar dari mesin untuk melaju dengan kecepatan tinggi sejak awal tanpa kehilangan traksi (lost power) saat pedal gas mulai diinjak dalam start kompetisi/ perlombaan. Jika ban sebagai sarana penghubung ke media jalan tidak memiliki kemampuan traksi yang baik, maka daya yang dihasilkan engine akan terbuang.

Baca Juga:
KLX150 Terbaru Meluncur di Kawasaki Bike Week

 
Untuk itu dengan technology Super Grip Compound yang dikembangkan oleh team engineer, Accelera memperkenalkan 651 Sport Drag yang dikhususkan untuk kompetisi Drag Race. 

"Dari hasil riset yang panjang ini kami menghasilkan ban dengan kemampuan grip dan traksi yang stabil dan baik dari awal hingga akhir pemakaian ban. Sehingga 651 Sport Drag secara pasti dapat di andalkan oleh para pecinta dan pembalap Drag Race di Indonesia maupun di Mancanegara. Sayangnya untuk saat ini ban tersebut baru tersedia dalam satu ukuran 255/50 R18," ujar Koko. 
 
Spesifikasi Accelera 651 Sport Drag
Tiga alur utama dan Alur searah
Dapat membuang air secara cepat untuk memberikan traksi yang lebih baik di kondisi basah

Dua Rusuk Utama
Memberikan kendali yang presisi
 
Pemecah Air
Mendukung pengeluaran air secara efisien untuk mengatasi resiko aquaplaning (ban mobil yang kehilangan daya cengkeram pada permukaan jalan yang terdapat genangan air)
 
Super Grip Compound
Memberikan grip dan traksi yang sangat kuat dan stabil dari awal hingga akhir.


(uda)