Teknologi Mobil Baru

Biar Enggak Gaptek, Anda Wajib Paham Ini Sebelum Nyobain Wuling

Memahami teknologi yang ada di sebuah kendaraan, wajib dilakukan sebelum memutuskan untuk membelinya. WM
Memahami teknologi yang ada di sebuah kendaraan, wajib dilakukan sebelum memutuskan untuk membelinya. WM

Autogear.id – Perang inovasi juga digempitakan oleh para produsen roda empat peserta pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022. Salah satu merek yang hadir dengan ragam teknologi anyar adalah Wuling Motors (Wuling). Pabrikan asal Tiongkok itu memanfaatkan perkembangan teknologi digital untuk memudahkan para pemilik kendaraan mereka.

Lantas, apa saja inovasi yang mereka boyong yang wajib untuk kalian pahami sebelum melakukan uji coba kendaraannya atau bahkan ingin membeli mobil itu? Yuk kita ulas satu per satu lantaran ada beberapa hal yang yang wajib Anda pahami seperti Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE), memadukan Internet of Vehicle (IoV) dan Advanced Driver Assistance System (ADAS). Lalu ada pula Wuling Indonesian Command atau WIND, sampai dengan platform Global Small Electric Vehicle (GSEV). 

Di ruang pamer kendaraan mereka di IIMS 2022, bisa dilihat, di sudut WISE, mereka dapat melihat langsung informasi seputar IoV dan ADAS, serta WIND. Pada sudut itu ditampilkan model Almaz RS, yang mereka klaim sebagai Intelligent Digital Car. Almaz RS dikatakan merupakan flagship Wuling di segmen SUV, yang telah didukung tiga inovasi, yaitu IoV, ADAS dan WIND.

Sekadar menyegarkan ingatan, ADAS yang tersedia di mobil ini merupakan inovasi yang tugasnya memberi kemudahan dan kenyamanan berkendara. Inovasi ini terbagi dalam empat kategori, yaitu Adaptive Cruise, Lane Recognition, Safe Distance & Braking Assistance, dan Automatic Light.

Baca Juga:
Bikin Penasaran, Pengunjung Sudah Berani DP Hyundai Ioniq 5?

Secara total, terdapat 12 fungsi yang bernaung di bawah payung inovasi ADAS. Mulai dari Adaptive Cruise Control (ACC), Bend Cruise Assistance (BCA), Traffic Jam Assistance (TJA), Intelligent Cruise Assistance (ICA), Lane Departure Warning (LDW), dan Lane Keeping Assistance (LKA).

Begitu pula fungsi Safe Distance Warning (SDW), Forward Collision Warning (FCW), Automatic Emergency Braking (AEB), Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA), Collision Mitigation System (CMS), dan Intelligent Head Beam Assistance (IHMA).

Lanjut ke inovasi IoV, merupakan penghubung melalui koneksi internet, antara pengguna Almaz RS dan New Cortez, dengan kendaraan kesayangannya. IoV dapat diakses lewat aplikasi MyWuling+, serta head unit yang juga didukung WIND, perintah suara berbahasa Indonesia. 

Berbagai kemudahan dari fitur Vehicle Remote Control pada IoV, berupa kendali jarak jauh kendaraan melalui smartphone, dengan beberapa pengoperasian. Seperti memanaskan mesin, mendinginkan kabin, membuka-tutup jendela dan kunci pintu, sampai informasi kendara. Fitur online navigation, music, dan messaging juga dapat diakses pengguna melalui head unit. 

Baca Juga:
Harga Mobil Tak Diskon, Ini yang Kamu Dapat Kalau Beli Mitsubishi di IIMS

Sebelumnya dikatakan tentang WIND, sebagai perangkat perintah suara canggih, dapat dioperasikan menggunakan bahasa Indonesia sehari-hari, demi mengatur beragam fitur di dalam mobil. Pengguna Almaz, Almaz RS, dan New Cortez bisa mematikan, menyalakan, serta mengoperasikan beragam fitur kendaraan, misalnya jendela, dan pendingin udara dengan WIND. 

Tak ketinggalan, pengaturan fitur hiburan lain dengan WIND. Mulai dari pengoperasian perangkat radio dan musik, menyajikan tanggal dan waktu, sampai dengan melakukan panggilan telepon pada mobil pengguna.

Sedikit bergeser ke sudut GSEV, merek ini juga turut menampilkan satu model platform GSEV yang dapat dilihat langsung di IIMS 2022 sejak 31 Maret – 10 April. Dalam pembukaan IIMS Hybrid 2022, Kamis (31/3), Wuling resmi memperkenalkan ke public, sketsa dari platform GSEV yang akan dipasarkan di Indonesia. Kalau sudah paham, pastikan Anda melakukan test drive sebelum memutuskan untuk membeli kendaraan canggih ini. 


(uda)