Mobil Baru

Enam Porsche 911 GT3R Siap Tempur di Musim DTM 2023

Team75 Motorsport memperluas keterlibatannya dalam DTM dari satu menjadi dua Porsche 911 GT3 R. Porsche
Team75 Motorsport memperluas keterlibatannya dalam DTM dari satu menjadi dua Porsche 911 GT3 R. Porsche

Autogear.id – Pada ajang balap DTM 2023, tim Porsche siap bertarung dengan 6 mobil balap. Dengan begitu, Porsche boleh dikatakan telah menggandakan kontingennya dibandingkan DTM tahun lalu. Manajer Proyek Porsche 911 GT3 R, Sebastian Golz mengatakan, tahun 2023 menandakan era baru di DTM, dan Porsche diwakili dengan sangat baik oleh enam 911 GT3 R.

“Keikutsertaan Toksport WRT, Team75 Bernhard, dan Manthey EMA, kami memiliki mitra yang kuat di pihak kami yang akan kami dukung di DTM. Diperkuat enam pebalap kelas satu, yang pengalamannya berkisar dari seri balap pengumpan seperti Piala Porsche Carrera, hingga balap GT, selama bertahun-tahun,” urainya.

Team75 Motorsport memperluas keterlibatannya dalam DTM dari satu menjadi dua Porsche 911 GT3 R. Skuad yang dimiliki pemenang Le Mans dua kali ini dikatakan duta merek Porsche sekarang, Timo Bernhard, mereka mengandalkan dua spesialis sangat cepat. Yaitu Ayhancan Güven dari Turki, mantan wakil juara Porsche Junior dan Supercup, serta telah berpengalaman di DTM pada 2022.

Satu lagi adalah Laurin Heinrich dari Jerman, jawara Carrera Cup Deutschland tahun lalu sebagai Porsche Junior. Laurin sekarang maju ke seri balap Jerman yang populer dengan tim dari wilayah Saarpfalz Jerman. “Sungguh luar biasa, tahun ini kami jalankan dua mobil. Usai musim debut yang sukses dengan dua kemenangan,” kata Timo. 

Baca Juga:
IIMS BOOST 2023 Pecut Pasar Otomotif dengan Transaksi Rp3,45 Triliun

Menurutnya, mereka memiliki posisi sangat baik dengan para pebalapnya. Ayhancan memiliki banyak pengalaman balap GT3, tahu hampir semua trek balap dan ban yang ditunjuk. Sementara Laurin adalah salah satu bintang pendatang baru paling menarik. Kurva belajarnya akan curam. “Tim kami telah diperkuat. Setiap orang sangat termotivasi. Saya yakin kami akan baik-baik saja dengan permainan itu,” ungkapnya.

Kemudian jajaran driver Manthey EMA memiliki pengalaman DTM paling banyak. Pebalap pekerja Thomas Preining, yang memperebutkan gelar 2022 untuk Team75 Motorsport hingga balapan terakhir akhir pekan, beralih ke tim dari Menara Eifel untuk musim ini. 

Pembalap Dennis Olsen dari Norwegia, pemenang DTM 2022 lalu, mengendarai mobil kedua. “Saya senang kami memiliki kesempatan untuk kembali ke DTM bersama Manthey setelah 21 tahun,” jelas Managing Director Nicolas Raeder. Dalam beberapa tahun terakhir, fokus mereka adalah pada acara WEC untuk Porsche Motorsport dan juga di Nordschleife dengan 911 GT3 R, yang oleh para penggemar dijuluki “Grello”. 

Sekarang mereka akan mengerjakan proyek baru bekerja sama dengan EMA Motorsport. Baik Dennis maupun Thomas adalah dua pebalap cepat dengan jam terbang tinggi di DTM. “Tim sangat termotivasi dan kami ingin menunjukkan kemampuan kami dengan Manthey EMA di musim DTM 2023,” kata Nicolas.

Baca Juga:
Waspada Oli Palsu, Nih Dia Solusi dari Auto2000

Sedangkan Toksport WRT, merupakan tim langganan Porsche yang bergabung untuk DTM musim 2023. Pasukan dari Quiddelbach dekat Nürburgring, mengandalkan perpaduan pengalaman dari pemuda di dua kokpit ca. 416 kW (565 PS) Porsche 911 GT3 R. Christian Engelhart, pebalap asal Jerman telah memperebutkan dua balapan DTM tahun lalu. 

Tim Heinemann yang juga asal Jerman, sebagai tim muda, menaiki tangga karir ke seri GT3 setelah memenangkan dua gelar di DTM Trophy, kejuaraan GT4. “Usai mendapatkan pengalaman pertama kami dengan Porsche dalam balapan ketahanan, kami sekarang memasuki tahap sprint yang spektakuler,” komentar manajer tim Toksport, Sarper Sabuncu. 

Menurut Sarper, timnya sudah tidak sabar untuk balapan dengan dua Porsche 911 GT3 R. Seorang juara ADAC GT Masters dan pemenang DTM Trophy dua kali akan mengendarai mobil balap mereka. “Kami akan memanfaatkan tes pramusim sebaik-baiknya dan siap seratus persen saat musim dimulai,” tukasnya.

Adapun musim DTM 2023 ini diselenggarakan untuk pertama kalinya di bawah payung ADAC. Mencakup di dalamnya total 16 balapan, yang diperebutkan di delapan tempat, sepanjang Mei hingga Oktober 2023. Tercatat 13 tim dari enam pabrikan berbeda, bakal beraksi di ajang DTM 2023. 


(uda)