Tips Perawatan Mobil

Waspada Oli Palsu, Nih Dia Solusi dari Auto2000

Tips memilih pelumas yang pas untuk digunakan di kendaraan Anda, jangan kompromi dengan pelumas palsu, A2
Tips memilih pelumas yang pas untuk digunakan di kendaraan Anda, jangan kompromi dengan pelumas palsu, A2

Autogear.id – Penyebaran oli palsu masih terus menjadi biang masalah buat para konsumen yang ingin menggunakan pelumas berkualitas. Selain bisa membuat mesin jadi bermasalah karena perlindungannya tidak sesuai dengan spesifikasi, juga akan membuat kendaraan jadi cepat rusak. 
 
Lantaran pelumas tak sesuai dengan spesifikasi rekomendasi pabrikan, akibatnya mulai dari performa mesin turun, konsumsi bensin boros, bahkan hingga mesin jebol yang berujung turun mesin. Nah supaya lebih aman dan nyaman, berikut cara memastikan oli mesin TMO yang dibeli asli atau palsu.

“Penggunaan oli palsu bisa berdampak buruk pada mesin, dalam waktu singkat maupun panjang. Bahkan dalam jangka waktu panjang sanggup memicu kerusakan berat. Oli TMO memiliki sistem pengaman canggih untuk mencegah pemalsuan dan memberikan rasa tenang terhadap konsumen,” terang Aftersales Business Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara pada Senin (27/2/2023).

Beberapa Hal ini Penting Diperhatikan Sebelum Membeli Pelumas: 
1. Perhatikan Tutup Botol Oli TMO
Setiap produk oli mesin TMO memiliki warna tutup botol yang berbeda. Warna kemasan menandakan jenis mesinnya, yaitu bensin atau diesel, tipe oli, serta nilai viskositasnya. Seperti tutup botol warna biru untuk oli sintetik mobil bensin. Sebagai informasi, oli TMO dengan tutup botol warna biru namun ternyata oli yang dibeli menggunakan tutup botol warna hijau, bisa dipastikan itu adalah oli palsu.

Baca Juga:
IIMS BOOST 2023 Pecut Pasar Otomotif dengan Transaksi Rp3,45 Triliun

 
2. Fitur QR Code pada Oli TMO
Kini terdapat fitur anyar QR Code Anticounterfeit terdapat di botol oli TMO yang dipasarkan di Auto2000 Digiroom dan jaringan bengkel Auto2000. Sistem pengaman tambahan ini dilakukan dengan cara scan QR Code di seal aluminium tutup botol TMO melalui ponsel. Informasi yang terdapat di antaranya adalah informasi produk tersebut asli (genuine), serta informasi produk telah di-scan 1x dan produk tidak dikenali sebagai potensi pemalsuan.
 
3. Metode Congkel, Cabut, Copot, Cek (4C)
Customer bisa mengecek keaslian pelumas TMO dengan metode 4C (Congkel, Cabut, Copot, Cek). Selain ikut membantu mengurangi peredaran oli palsu dengan modus pakai ulang kemasan, karena harus merusak tutup botol sehingga tidak dapat dipakai lagi. Botol TMO juga menerapkan sistem ratchet & snap, yakni tutup botol dan botol menyatu untuk mencegah penggunaan kembali.
 
Pertama, congkel segel tutup botol TMO dengan menggunakan obeng kecil. Berikutnya, cabut penutup plastik tutup botol. Lanjutkan dengan copot kepingan kertas pelindung seal aluminium TMO. Terakhir adalah cek kode QR yang tercetak di seal aluminium tutup botol. Anda akan mendapatkan informasi telah melakukan scan QR Code untuk pertama kali, yang artinya produk asli dan tidak pernah dibuka sebelumnya.
 
4. Beli Oli TMO di Auto2000 Digiroom
Cara paling mudah, aman, dan nyaman dalam mencegah pembelian oli mesin TMO palsu adalah dengan membeli melalui Auto2000 Digiroom. Pelumas TMO yang dijual sudah pasti orisinal Toyota dan sesuai kebutuhan mesin Toyota modern sehingga memberikan rasa tenang.


(uda)