Modifikasi Motor

Gara-Gara Kurang Sporty, Motor Ini Malah Juara 2 Kontes Modifikasi

Honda CBR150 CBU tahun 2013 dimodifikasi terinspirasi dari Honda NSF250R yang dipakai Asia Talent Cup - DJ Custom
Honda CBR150 CBU tahun 2013 dimodifikasi terinspirasi dari Honda NSF250R yang dipakai Asia Talent Cup - DJ Custom

Autogear.id - Honda Racing Corporation (HRC) telah memproduksi NSF250R dengan dukungan mesin untuk balap pada era baru yang ringan, ringkas, memiliki output dan performa tinggi. Dikembangkan pada tahun 2011, untuk menggantikan Honda RS125R 2-Tak yang sudah ada sebelumnya.

Honda NSF250R bergabung dengan kejuaraan balap Moto3 pada tahun 2012. Motor yang juga digunakan pada ajang balap Asia Talent Cup ini ditenagai mesin baru 249cc silinder tunggal 4-Tak. dirancang khusus untuk balap, NSF250R menyediakan kombinasi sempurna antara kekuatan dan kenyamanan. 

Pihak HRC mengklaim tunggangan ini mencapai integrasi sempurna antara tenaga tinggi dan keramahan bagi pengendaranya. Kekuatan mesin yang ringan dan seimbang, menawarkan daya tinggi dan kinerja luar biasa. Sebagai salah satu kecerdikan Honda, yakni mendukung kesenangan balap, demi sebuah kegembiraan.

Kiranya ragam keunggulan dari motor tersebut yang menginspirasi Deddy Dermawanto, pemilik rumah modifikasi DJ Custom. Dia dandani salah satu motor kesayangannya itu, yang berbasis CBR150 tahun 2013. Motor sport salah satu unggulan Honda tersebut dia oprek bersama timnya, untuk turun dalam kontes prestisius bertajuk “MotoBuilt Fest 2023 Speed&Garage”, di ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS)+ beberapa waktu lalu.

Baca Juga:
Mitra Harley-Davidson Ini Rilis Produk Baru Xoom 160

Berbekal penggarapan yang apik, akhirnya motor tersebut menyabet gelar Juara 2 pada kontes modifikasi yang melibatkan puluhan motor peseta.

“Terus terang, dalam memodifikasi motor ini saya memang terinspirasi dari motor sport Honda NSF250R. Walaupun ada beberapa ubahan yang kami lakukan pada tunggangan ini,” terang lelaki yang kerap menjadi dosen tamu bidang enterpreneur, di salah satu kampus swasta di daerah Jatiwaringin, Jakarta Timur.

Menurut Deddy,  motor CBR150 CBU miliknya ini memiliki karakter body belakang yang condong landai. Artinya, kurang menggambarkan sosok motor yang bergaya sporty. Lantas dia dan timnya putuskan memotong rangka belakangnya, lalu dibuatlah sesuai konsep balap.

“Kendati kami mengusung konsep balap yang kental, tapi masih oke kok buat dikendarai harian. Karena memang dalam menggarap motor modifikasi, kami tidak hanya mementingkan tampilan, melainkan juga harus bisa dikendarai harian di jalan raya. Dengan tambahan lampu depan dan belakang yang ngumpet di kolong body. Untuk livery-nya pun terinspirasi motor balapnya Casey Stoner dari tim Repsol MotoGP,” papar Deddy.

Baca Juga:
Hanya Diproduksi 60 Unit, Canter Edisi Spesial Diterima Pelanggan Pertama

Secara spesifikasi, sejumlah part modifikasi tersemat pada kendaraan ini. Mulai dari batok lampu depan custom fiber model GP. Spakbor depan custom fiber model Honda RCV. Begitupula undercowl custom. Terkait body belakang custom model NSF250R, shock depan up side down merek NUI, velg depan V-Rossi 3,5 inci dan belakang 4,5 inci.

Cakram depan dan monoshock tabung roda belakang menggunakan merek Delkevic. Lalu kaliper, master rem depan, dan handel kopling merek KTC. Spidometer custom digital, serta footstep underbone Fast Bike.


(uda)