Simulator Safety Driving

HRSC 3 Punya Mobil dan Sirkuit Baru

Honda Racing Simulator Championship buka pendaftaran, peserta dari luar Indonesia pun bisa ikutan. HPM
Honda Racing Simulator Championship buka pendaftaran, peserta dari luar Indonesia pun bisa ikutan. HPM

Autogear.id - Kompetisi Honda Racing Simulator Championship (HRSC) musim ke-3 dimulai. Pada musim ini, HRSC 3 sajikan tantangan lebih dengan mobil dan sirkuit yang baru. Serta terbuka untuk pendaftar dari seluruh dunia. Selain membuka kompetisi untuk peserta mancanegara, dikatakan pada HRSC 3 ini terdapat kelas dan mobil baru yakni Honda City Hatchback RS.

Sementara beberapa sirkuit baru yang dihadirkan yaitu Sirkuit Zandvoort (Belanda), Istanbul (Turki), Hockenheimring (Jerman) dan Oulton Park (Inggris). Sejumlah sirkuit tersebut melengkapi berbagai sirkuit Internasional lainnya yang sudah ada sebelumnya, seperti  Road Atlanta (Amerika Serikat) dan Suzuka (Jepang).

Communication Strategy Senior Manager PT Honda Prospect Motor (HPM), Adhi Parama Sugarda mengatakan, sudah dua tahun HRSC dihelat. Selalu mendapat sambutan hangat dari pecinta balap mobil virtual, seiring meningkatnya jumlah peserta dari tahun ke tahun. “Pada musim ini, kami tambah keseruan. Dengan membuka pendaftaran untuk peserta domestik, maupun mancanegara. Untuk memperlihatkan kalau para SimRacer di Indonesia mampu bersaing dengan para pebalap internasional,” ujarnya.

HRSC merupakan sebuah kejuaraan simulator balap online, yang pertama kali digelar oleh sebuah pabrikan otomotif di Indonesia sejak 2020. Kompetisi HRSC 3 sendiri akan berjalan mulai 27 Agustus-26 November 2022, dimana setiap serinya dapat disaksikan secara langsung melalui Youtube @Hondaisme.

Baca Juga:
Rabbit and Wheels, dari Jokowi Hingga Tembus Pasar Global

Pendaftaran untuk babak kualifikasi di kompetisi ini mulai dibuka sejak 26 Juli 2022, dan ditutup pada 18 Agustus 2022. Hingga saat ini, sudah terkumpul lebih dari 118 peserta domestik maupun mancanegara. Sama seperti tahun lalu, pada HRSC 3 ini para peserta akan menggunakan program simulator balap dengan Rfactor 2. Sebagai salah satu simulator balap dengan grafis dan sensasi berkendara paling mendekati nyata.

Total hadiah dari kompetisi balap ini lebih dari Rp100 juta. Para peserta akan mendapatkan hadiah berdasarkan pengumpulan poin masing-masing. Sehingga peserta harus berusaha kumpulkan poin sebanyaknya, yang akan diakumulasi pada seri terakhir. Melongok kelas New Honda Civic Type R, peserta akan mendapat Rp65 ribu per poin, kelas Honda City Hatchback RS Rp20 ribu per poin, dan kelas Honda Brio RS Urbanite Rp10 ribu per poin.

Tiga peserta yang mengumpulkan poin terbanyak pada masing-masing kelas, akan mendapatkan hadiah tambahan di luar dari hadiah perolehan poin. Untuk kelas New Honda Civic Type R, juara pertama akan mendapat tambahan hadiah sebesar Rp5 juta, diikuti juara kedua sebesar Rp3 juta dan juara ketiga sebesar Rp2 juta.

Sementara kelas Honda City Hatchback RS, juara pertama mendapat tambahan hadiah sebesar Rp3 juta, juara kedua Rp2 juta, dan juara ketiga Rp1 juta. Lalu pada kelas Honda Brio RS Urbanite, juara pertama akan mendapat tambahan Rp2 juta, juara kedua Rp1.5 juta, dan juara ketiga Rp700 ribu.

Baca Juga:
Merawat Rem ABS, Perlu Paham Cara Kerjanya!

Namun bukan hanya kompetisi balap, karena pada HRSC musim ini peserta juga dapat mengikuti Livery Contest yang dimulai pada 26 Juli hingga 18 Agustus 2022. Merupakan kompetisi desain grafis, dengan menggunakan platform digital dan New Honda Civic Type R, City Hatchback RS dan Brio RS Urbanite sebagai kanvasnya.

Pemenang dari perlombaan Livery Contest ini akan dipilih dari desain grafis terbaik dari tipe mobil New Honda Civic Type R, City Hatchback RS dan Brio RS Urbanite. Pemenang masing-masing akan membawa pulang hadiah sebesar Rp1,2 juta. Kemudian ada pemenang ‘like’ terbanyak di media sosial, dengan pemenang kelas favorit mendapatkan hadiah Rp900 ribu.


(uda)