BMW Hadirkan M3 Sedan dan M4 Coupe Varian Competition di Indonesia

BMW New M3 Competition sedan dan New M4 Coupe Competition hadir di Indonesia (Foto: BMW Group Indonesia)
BMW New M3 Competition sedan dan New M4 Coupe Competition hadir di Indonesia (Foto: BMW Group Indonesia)

Autogear.id - Sejak 35 tahun yang lalu, BMW M3 diperkenalkan oleh BMW M GmbH untuk menjadi kendaraan homologasi Deutsche Tourenwagen Meisterschaft (DTM), atau balap touring di Jerman yang lumayan popular di jagat otomotif. 

Kemarin, BMW kembali memperkenalkan generasi ke-6 dari model legendaris tersebut di Indonesia. Dalam varian the new BMW M3 Competition, dan the new BMW M4 Coupé Competition. 

Keduanya hadir dengan tenaga 510 hp dan torsi 650 Nm, teknologi sasis dari BMW M4 GT3, desain eksterior yang diklaim lebih ekspresif, dan interior baru bermaterial premium. Hingga sistem operasi BMW M Drive Professional, yang hadir untuk pertama kali pada rangkaian sports cars terbaru ini. 

Jodie O’tania, Director of Communications BMW Group Indonesia dalam jumpa pers virtual mengatakan, BMW M telah memainkan peran penting dalam membentuk brand BMW. Ditambahkannya, selama hampir lima dekade, BMW M telah menjadi simbol bagi kendaraan sport performa tinggi dengan desain emosional. Serta serangkaian kisah sukses di kejuaraan motorsport. 

“BMW M3 Competition dan BMW M4 Coupé Competition terbaru menerapkan teknologi racing cars dari sirkuit ke jalan raya. Dan ribuan putaran di Nürburgring Nordschleife yang legendaris, sebagai arena balap paling tangguh di dunia,” tukasnya. 

BMW M3 Competition hadir sebagai kendaraan sedan dengan ruang hingga lima penumpang. Sementara BMW M4 sebagai coupé empat kursi. Sama-sama dilengkapi mesin 6-silinder segaris, berteknologi BMW M TwinPower Turbo. Performa mesin 510 hp-nya tersedia pada 6.250 rpm dengan red-line di 7.200 rpm. Disalurkan ke roda belakang lewat transmisi BMW M Steptronic 8-percepatan Drivelogic.

The new BMW M3 Competition Sedan dan the new BMW M4 Competition Coupé hanya butuh 3,9 detik untuk berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam. Sedangkan dari 0 hingga 200 km/jam hanya butuh waktu 12,5 detik. Sistem exhaust yang dilengkapi electronic-flaps mempersembahkan soundtrack yang kaya secara emosional.

Model ini juga memiliki kemudi BMW M Servotronic dengan rasio variabel, dan versi BMW M-specific yang terintegrasi dengan sistem pengereman. Menghadirkan dua impresi respon rem dan pedal feel yang berbeda. 

M3 Competition dilengkapi velg forged BMW M light-alloy Double-spoke, style 825 M Bi-colour Jet Black burnished. Sedangkan M4 Competition Coupé diperkuat velg forged BMW M light-alloy Double-spoke, style 826 M Bi-colour Jet Black burnished with Translucent Shadow. 

Masing-masing punya ukuran ban berbeda di as-roda depan dan belakang, yakni 19x9,5J depan dan 20x10,5J belakang. Menggunakan ban berukuran 275/35 R19 depan dan 285/30 R20 belakang.

Kontributor visual yang ekspresif dari kedua model ini adalah BMW kidney-grill vertikal dengan kisi-kisi udara horizontal. Fender lebar dengan BMW M gills di bagian depan, dan kisi udara pada apron depan dan belakang. BMW sedan dan coupé ini beratap carbon-fibre-reinforced plastic (CFRP), berantena sirip, spoiler belakang dan dua exhaust tailpipes khas BMW M.

Lampu depan LED adaptif dengan BMW Laserlight hadir menjadi standar pada dua model BMW anyar ini. Tersedia tiga pilihan kelir eksterior baru, yakni Sao Paulo Yellow, Toronto Red metallic dan Isle of Man Green metallic.

New BMW M3 Competition ditawarkan dengan harga Rp 2.059.000.000 off the road. Sedangkan new BMW M4 Competition Coupé ditawarkan dengan harga Rp 2.119.000.000 off the road. 

Adapun, untuk varian Individual, yaitu varian yang hadir dengan jumlah sangat terbatas dan memiliki sejumlah fitur tambahan dibanderol harga berbeda. New BMW M3 Competition individual dipasarkan Rp 2.599.000.000 off the road. Sedangkan new BMW M4 Competition Coupé individual dijual Rp 2.659.000.000 off the road.


(acf)