Mobil Listrik

Mobil Listrik Tiongkok Ini Siap Tantang Tesla

Zeekr akan menggunakan sasis yang diberi nama SEA. Zeekr
Zeekr akan menggunakan sasis yang diberi nama SEA. Zeekr

Autogear: Tren mobil listrik di Tiongkok yang semakin besar, dan ditambah invasi merek dari luar, membuat Geely mengambil sikap. Grup otomotif asal Tiongkok ini membangun merek khusus mobil listrik yang diberi nama Zeekr.

Mengingat merek ini khusus menghadirkan mobil listrik, maka sudah sejatinya lini mobil yang ditawarkan adalah mobil-mobil tanpa emisi gas buang. Secara tidak langsung, merek ini juga menjadi lawan bagi Tesla yang cukup agresif di Negeri Tirai Bambu.

Geely menilai perlu untuk membuat unit bisnis baru karena menilai satu perusahaan saja tak akan cukup untuk menggarap pasar mobil listrik. Mengingat, saat ini memang pertumbuhan pasar mobil listrik tengah terjadi dengan sangat pesat baik di Tiongkok maupun di berbagai wilayah di dunia.

Geely Tidak main-main dalam mengembangkan anak barunya ini. Investasi yang diberikan pun mencapai USD 300 juta.

Kemudian di awal-awal kehadiran mobil ini, mereka juga sudah mempersiapkan mobil listrik untuk segera dipasarkan. Zeekr diprediksi akan hadir di kuartal ketiga tahun 2021.

Selain itu, jenama asal Tiongkok ini akan menghadirkan satu model baru setia tahun dalam kurun waktu lima tahun ke depan. Seluruh model baru itu akan dihadirkan lewat platform Sustainable Experience Architecture (SEA). Dari sini, terlihat bahwa pabrikan China ini cukup serius dalam memeriahkan pasar kendaraan ramah lingkungan.

Tentu ini sangat menarik karena sekarang sudah banyak grup otomotif yang mulai menghadirkan merek khusus untuk mobil listrik. Seperti Grup BMW mengkonversi MINI menjadi merek khusus mobil listrik, begitu juga Jaguar, atau Hyundai yang menjadikan Ioniq sebagai sub-merek khusus mobil listriknya.

sumber: medcom.id


(uda)