Teknologi Otomotif

Mengenal Teknologi Transmisi CVT, Apa Untung dan Ruginya?

Apa saja kelebihan dan kekurangan dari penggunaan sistem transmisi CVT? Simak ulasannya berikut. AG/Ahmad Garuda
Apa saja kelebihan dan kekurangan dari penggunaan sistem transmisi CVT? Simak ulasannya berikut. AG/Ahmad Garuda

Autogear.id - Banyak orang yang membeli kendaraan tak peduli dengan cara kerja komponen terutama sistem transmisi yang menggerakkan roda mobil. Padahal jika mengetahui ini dan bagaimana cara kerjanya, Anda bisa berkendara sesuai dengan cara yang paling sesuai untuk sistem transmisi tersebut. 

Dilansir dari Seva, transmisi CVT adalah sistem transmisi yang bekerja dengan cara memindahkan daya menggunakan sabuk baja. Sabuk baja ini menghubungkan dua puli atau pulley yang drive pulley dan driven pulley. Drive pulley bekerja dengan cara meregang dan mengetat sesuai dengan putaran mesin.

Masih dari sumber yang sama, dikatakan soal kelebihan dari sistem kerja transmisi jenis CVT dikatakan ada 5 keuntungan. Berikut keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari membeli kendaraan dengan sistem transmisi ini.

1. Terasa Halus
Salah satu kelebihan sistem transmisi ini adalah perpindahan giginya yang terasa sangat halus dan minim hentakan. Itu disebabkan karena cara kerja drive pulley tadi yang bisa mengembang dan mengetat tadi. Sehingga perpindahan gigi jadi lebih halus.

Baca Juga:
Porsche Hadirkan Macan T Sebagai Model Sport Empat Pintu Pertama

2. Lebih Efisien
Transmisi CVT dinilai lebih efisien dan mampu menyalurkan tenaga ke roda dengan maksimal. Hal ini bisa terjadi karena mampu menghantarkan tenaga yang optimal ketika tengah melaju di atas jalanan. Potensi ini berguna pada saat mobil ingin mendahului kendaraan lain.

3. Irit Bahan Bakar
Hal ini penting untuk semua pengguna kendaraan lantaran konsumsi BBM yang lebih kecil membuat biaya operasional kendaraan juga lebih ringan. Ini bisa terjadi karena putaran mesin yang rendah sudah bisa menggerakkan roda. Tidak seperti sistem transmisi non CVT yang butuh RPM lebih tinggi untuk menggerakkan roda.

4. Bobot Ringan
Cara kerja transmisi CVT mobil dinilai sangat ringkas, membuat transmisi CVT memiliki bobot yang lebih ringan dibanding transmisi konvensional maupun matic.

5 Cocok untuk Semua Kalangan
Mobil dengan sistem transmisi ini pun dinilai lebih coock untuk semua kalangan. Mengapa itu bisa terjadi? Lantaran sistem operasionalnya yang lebih bersahabat bagi semua pengguna kendaraan.

Baca Juga:
Sambut MotoGP Indonesia, Nih Oli Khusus Mandalika Series!

Lalu apa saja yang jadi sisi minus dari sistem CVT di kendaraan yang ada sekarang ini? Tentu tidak sebanyak sisi keuntungan yang diraih, namun tetap ada seperti biaya perawatan yang relatif mahal, tidak cocok untuk mengangkut beban berat, dan bukan untuk penggunaan mereka yang menginginkan performa akselerasi kendaraan yang besar.


(uda)