Industri Otomotif

Isuzu Tunda Semua Peluncuran Produk Baru

Dampak Covid-19, jadwal peluncuran produk baru Isuzu harus ditunda. dok medcom
Dampak Covid-19, jadwal peluncuran produk baru Isuzu harus ditunda. dok medcom

Autogear.id: Pandemi Covid-19 memang begitu berdampak terhadap sektor industri otomotif. Tak hanya penjualan saja yang menurun, namun beberapa pabrikan terpaksa harus merevisi strategi tahunan mereka, khususnya jadwal peluncuran produk baru. 

PT Isuzu Astra Motor Indonesia selaku agen pemegang merek (APM) kendaraan niaga dan penumpang Isuzu menjelaskan akan banyak hal yang harus direvisi meskipun saat ini sudah masuk era transisi atau kenormalan baru. 

"Jadwal peluncuran pastinya terganggu, dan jadwalnya juga pasti berubah. Yang paling terasa tentunya seperti yang tahu bahwa implentasi Euro 4 juga ditunda satu tahun dan itu juga berdampak pada kita, karena varian baru kita itu kebanyakan mengacu pada regulasi Euro 4. Jadi jadwal peluncuran banyak yang kita tunda karena masih banyak kendala," ujar General Manager Marketing PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), Attias Asril dalam diskusi virtual bersama Forum Wartawan Indonesia (Forwot), Jumat (26/6/2020). 

Lebih lanjut, menatap kenormalan baru, Isuzu Indonesia telah mempersiapkan strategi agar tetap survive di masa sulit seperti sekarang ini. Menurut Attias, strategi defense dan offense menjadi pilihan yang tepat.

"Dua skenario kita adalah defense dulu, bagaimana Isuzu tetap ngapung di tengah badai. Tidak berpikir untuk balapan tapi ngapung aja, artinya kita masih ada. Lalu sambil menyiapkan strategi offense menata strategi di new normal," sambungnya. 

Sementara itu, sama halnya dengan pabrikan lainnya, market Isuzu sendiri mengalami penurunan di kuartal pertama 2020. Jika dibandingkan periode Mei 2019 dengan Mei 2020, marketnya Isuzu yang bermain di produk light truck, medium truck, dan pick up medium 4x2 turun sampai dengan 42 persen. 


(uda)