Alat Berat

Rored V Series Bikin Alat Berat Tahan Banting dan Panjang Umur?

Pertamina memproduksi pelumas khusus untuk alat berat, apa kelebihannya? PTPL
Pertamina memproduksi pelumas khusus untuk alat berat, apa kelebihannya? PTPL

Autogear.id - Tahan banting dan panjang umur untuk armada seperti bus, truk dan alat berat menjadi krusial, agar kegiatan operasional bisnis dapat berjalan dengan optimal. Tidak bikin kantong kembang-kempis. Menyangkut hal tersebut, PT Pertamina Lubricants (PTPL) mengembangkan produk baru Rored V Series. 

Produk oli khusus memenuhi kebutuhan perawatan transmisi dan gardan di mesin bus, truk dan alat berat berumur >5-10 tahun. Serta membantu melumasi dan melindungi komponen transmisi dan gardan. Produk tersebut diformulasikan untuk memperpanjang life cycle komponen armada yang kerap bekerja dalam beban berat (hi-load) dan dengan durasi panjang. Sehingga harus mampu menahan tekanan tinggi (extreme pressure). 

Pasalnya, ketahanan komponen seperti transmisi dan gardan (axle) harus menjadi perhatian karena dapat berkontribusi terhadap peningkatan atau penurunan produktivitas dan efisiensi. Technical Specialist PTPL, Brahma Mahayana mengatakan, oli khusus ini membantu mencegah keausan yang berlebihan pada gigi, poros, dan bantalan. Selain itu, juga dapat membantu menghilangkan panas yang dihasilkan gesekan berlebih. Terutama pada truk, bus, dan alat berat yang beroperasi dengan beban berat dan kinerja tinggi.

Dikatakannya lagi, truk, bus, dan alat berat sering beroperasi di lingkungan keras, termasuk cuaca buruk, jalan berdebu dan berlumpur di Indonesia. Produk ini memiliki kemampuan untuk melindungi komponen dari karat dan korosi yang dapat merusak struktur logam. “Begitupula panas yang dihasilkan, dapat merusak komponen transmisi dan gardan. Pelumas membantu dalam menyerap dan membuang panas ini, serta menjaga suhu operasi optimal,” ujarnya.

Baca Juga:
Masih Bimbang Beli Mobil Listrik? Nih Kata Pengguna Wuling Air ev!

Brahma melanjutkan, penggunaan oli berkualitas dapat meningkatkan efisiensi transmisi. Mengurangi kehilangan energi akibat gesekan berlebih. “Ujung-ujungnya, efisiensi bahan bakar dan penghematan biaya operasional,” tegasnya.

Ketika menjaga komponen-komponen kendaraan dalam kondisi baik, penggunaan pelumas yang tepat juga dapat memperpanjang umur pakai transmisi dan gardan. Mengurangi biaya perawatan dan penggantian komponen.

Hadir dengan empat varian yakni Rored HDA V 90, Rored HDA V 140, Rored EPA V 90, dan Rored EPA V 140. Semuanya merupakan oli roda gigi kendaraan yang sudah sesuai standar API Service GL-4 dan GL-5, dengan mengusung kemasan 200 L. Tersedia di berbagai outlet atau bengkel terdekat, serta seluruh distributor resmi Pertamina Lubricants.


(uda)