Mobil Baru

Manfaatkan GIIAS 2023, Kia EV9 GT-Line Debut Perdana di Asia Tenggara

Kia EV9 GT-Line pamer tampang di GIIAS 2023. AG-Alun
Kia EV9 GT-Line pamer tampang di GIIAS 2023. AG-Alun

Autogear.id – Kia memperkenalkan kendaraan listrik SUV terbarunya, yakni EV9 GT-Line di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, yang berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, 10 - 20 Agustus 2023. Kehadirannya sekaligus menjadi debut perdana di Asia Tenggara. 

Dipilihnya Indonesia sebagai negara pertama di Asia Tenggara yang bisa memperkenalkannya, didasari atas potensi besar pertumbuhan kendaraan listrik di Tanah Air yang terus mengalami tren positif. Presiden Direktur PT Kreta Indo Artha, Andrew Nasuri mengatakan, ini merupakan mobil Battery Electric Vehicle SUV terbaru dengan berbagai keunggulan. Menunjukkan komitmen Indomobil group, dalam mendukung program terkait kendaraan elektrifikasi. Terutama untuk merek Kia di Indonesia. 

Sebagai sebuah SUV dengan konfigurasi kursi 3 baris, model ini bisa menjadi pilihan bagi masyarakat Indonesia yang menginginkan sebuah kendaraan listrik futuristik, canggih, dan bisa dinikmati bersama seluruh anggota keluarga besar. Hadir dalam varian GT-Line, varian ini dibekali dua motor listrik bertenaga 385 PS dan torsi 700 Nm. 

Dengan spesifikasi yang dimiliki, mobil ini sanggup melesat dari 0 - 100 km/jam hanya dalam waktu 5,3 detik. Relatif fantastis untuk sebuah SUV sepanjang lebih dari 5 meter. Membenamkan baterai lithium-ion kapasitas 99,8 kWh, dapat terus menjelajah hingga 497 km dalam kondisi baterai terisi penuh. Lantaran kapasitas baterai yang tergolong besar, kendaraan ini mengantongi catatan 228 wh/km.

Baca Juga:
Teknologi SHVS Jadi Gaung Utama Kehadiran Suzuki di GIIAS

“EV9 GT-Line adalah kendaraan Listrik terbaru dari Kia yang hadir guna memenuhi permintaan pasar untuk SUV full size yang “zero emission”, dan kenikmatan berkendara yang berbeda,” tutur Andrew Nasuri.

Menyoal pengisian daya listrik, dibutuhkan waktu sekitar 10 jam 45 menit apabila menggunakan pengisian daya AC atau Wallbox Charging berkapasitas 11 kW. Sementara bila menggunakan pengisian daya Ultra Fast Charging berjenis DC dengan kapasitas 250 kW, hanya membutuhkan waktu sekitar 23 menit.

Beragam fitur canggih tersemat pada mobil ini. Mulai dari Wireless Charging, Ventilated and Heated Seats di baris pertama dan kedua, Relaxation Seats di baris pertama dan kedua, Dynamic Body Care di baris kedua, Dual Panoramic Sunroof, Head Up Display, hingga Premium Sound System dari Meridian dengan 14 speakers.

Tersemat juga fitur keselamatan canggih ADAS yang terdiri dari Forward Collision-avoidance Assist with Junction Turning and Crossing, Lane Following Assist, Lane Keeping Assist, Smart Cruise Control, Blind Spot Collision Avoidance Assist, dan Blind Spot View Monitor. Lalu High Beam Assist, Driver Attention Warning, Safe Exit Assist, Safe Exit Warning, Highway Driving Assist, dan Highway Driving Pilot. 

Selain itu, terdapat juga fitur keselamatan lain, seperti Rear Cross Traffic Collision Avoidance Assist, Surround View Monitor, Parking Distance Warning, dan Parking Collision Avoidance Assist. Tidak ketinggalan Remote Smart Parking Assist 2, memungkinkan mobil dapat diparkir secara otomatis dengan remote atau dari dalam kendaraan. Turut dilengkapi fitur Vehicle to Load (V2L) dan Vehicle to Vehicle (V2V). 

Membuat mobil ini dapat menyalurkan daya listriknya ke alat elektronik rumah tangga atau kendaraan listrik lainnya. Ini membuatnya menjadi sebuah mobil listrik yang dapat diandalkan di berbagai kondisi. Dengan berbagai keunggulan, kendaraan tersebut resmi dipasarkan dengan harga Rp 1,975 miliar on the road DKI Jakarta.


(uda)